Cegah Macet Saat Lebaran, Pemerintah Kaji Dua konsep Ini di Jalan Tol
Berita

Cegah Macet Saat Lebaran, Pemerintah Kaji Dua konsep Ini di Jalan Tol

Penerapan ganjil genap dan konsep jalur satu arah.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Jalan tol. Foto: SGP (Ilustrasi)
Jalan tol. Foto: SGP (Ilustrasi)

Untuk memperlancar angkutan Lebaran tahun 2019, Pemerintah telah menyiapkan manajemen lalu lintas yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Dua konsep yang disiapkan yaitu jalur satu arah (oneway) atau penerapan ganjil genap di tol. Hal itu diutarakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2019 Bidang Lalu Lintas di Wilayah Jawa Tengah, Semarang, Minggu (5/5).

 

“Presiden berpesan agar mudik tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk itu kami (Pemerintah Pusat) bersama-sama Pemerintah Daerah, Polri, Polda dan instansi terkait lainnya telah menyiapkan dua konsep manajemen lalu lintas konsep yaitu jalur satu arah dan penerapan ganjil genap,” kata Budi sebagaimana dikutip dari laman resmi Setkab.

 

Jalan tol yang sudah menyambungkan dari Jakarta hingga Surabaya, menurut Budi, akan menarik minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu, perlu dilakukan manajemen lalu lintas agar tidak ada kepadaatan. “Nanti akan kita finalkan manajemen lalu lintas apa yang akan diterapkan dan saya yakin Kakorlantas dapat menjalankan dengan baik,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan, konsep satu arah dan ganjil genap itu disiapkan tidak lain tujuannya adalah agar mudik yang dijalani oleh masyarakat bisa nyaman dan lancar. Selain ada kebijakan seperti pemindahan gerbang tol Cikarang, tetapi dengan ekspektasi masyarakat yang tinggi untuk mencoba jalan tol, menurutnya perlu diantisipasi langkah-langkah lain seperti penerapan ganjil-genap.

 

“Jadi saya juga minta pengertian masyarakat bahwa keputusan kita ini bukan karena kita ingin aneh-aneh, kita lakukan ini semua karena justru agar masyarakat dapat mudik dengan nyaman dan lancar,” ungkap Budi.

 

Baca:

 

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan beberapa hal yang menjadi catatannya untuk angkutan Lebaran tahun 2019 salah satunya adalah antisipasi kemacetan yang ada di pintu keluar tol. Beberapa titik pintu keluar tol di Jateng yang perlu diantisipasi di antaranya yaitu tol Pejagan, tol Pemalang (Gandulan), tol Banyumanik dan kalikangkung (pembayaran/top up), tol Salatiga (Tingkir), tol Boyolali; dan tol Kartosuro.

Tags:

Berita Terkait