Langkah Hukum Menuntut Janji Kenaikan Gaji

Bacaan 7 Menit
Langkah Hukum Menuntut Janji Kenaikan Gaji
Pertanyaan
Saya bekerja di suatu perusahaan dan saya diperjanjikan dengan kenaikan gaji sebesar maksimal 15% jika sudah lulus training selama 6 bulan. Setelah saya lulus training, ternyata kenaikan gaji tersebut tidak ada. Saya lalu menuntut ke management setelah 4 tahun kerja dan saya menemukan adanya surat kenaikan gaji yang sudah diparaf oleh si pengusaha. Namun ketika saya mau fotocopy surat kenaikan gaji tersebut, pihak management tidak mau memberikan. Pertanyaannya, langkah hukum apa yang dapat saya lakukan?
Intisari Jawaban
Masa percobaan atau training untuk perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu adalah paling lama 3 bulan, sehingga kelebihan 3 bulan pada masa percobaan Anda dianggap batal, namun tidak membatalkan perjanjian kerja.
 
Mengenai kenaikan upah setelah masa percobaan berakhir, seharusnya besarnya upah dituliskan dalam perjanjian kerja atau surat pengangkatan. Apabila nominal upah ternyata tidak sesuai atau tidak adanya kenaikan upah yang diperjanjikan, maka berpotensi menimbulkan perselisihan hubungan industrial, yakni perselisihan hak yang terlebih dahulu diselesaikan melalui perundingan bipartit.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.