hukumonline
Selasa, 20 November 2012
Permenaker Outsourcing Sudah Berlaku
Sejak 19 November 2012. Perusahaan outsourcing benar-benar dibatasi.
IHW
Dibaca: 18049 Tanggapan: 10
Permenaker Outsourcing Sudah Berlaku
Menakertrans Muhaimin Iskandar secara resmi telah memberlakukan permenaker Outsourcing. Foto: Sgp

 

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang Syarat-Syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan kepada Perusahaan Lain yang diteken Menteri Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu akhirnya resmi diberlakukan sejak Senin (19/11). Seiring dengan diundangkannya peraturan itu di Berita Negara Nomor 1138 Tahun 2012 oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin.

Dilihat dari jumlah bab dan pasal yang diatur, Permen yang diberi nomor 19 Tahun 2012 ini memang terbilang ringkas. Hanya terdiri dari enam bab dan 36 Pasal.

Tapi jangan salah. Walau isinya ringkas, Permen ini membuat dua peraturan menteri yang lain menjadi tidak berlaku. Yaitu Keputusan Menakertrans No 220 Tahun 2004 tentang Syarat-Syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan kepada Perusahaan Lain dan Keputusan Menakertrans No 101 Tahun 2004 tentang Tata Cara Perijinan Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh.

Bicara soal substansi, Permen No 19 ini ternyata banyak mengubah pengaturan soal syarat dan tata-cara penyerahan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain yang diatur dalam Kepmen 220 dan Kepmen 101. Secara umum, Permen No 19 ini terlihat lebih memperketat keberadaaan perusahaan outsourcing.

Sebelumnya, untuk mengingatkan, UU Ketenagakerjaan membedakan mekanisme penyerahan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain menjadi dua cara. Pertama, dengan pemborongan pekerjaan. Dan kedua adalah lewat penyediaan jasa pekerja/buruh. Dalam praktik, cara yang kedua yang biasa dikenal dengan outsourcing.

Sebut saja soal syarat bentuk badan hukum perusahaan outsourcing. Bila Kepmen 101 menyatakan perseroan terbatas (PT) dan koperasi boleh dipilih sebagai bentuk badan hukum perusahaan outsourcing, tidak demikian dengan Permen No 19 yang hanya membolehkan perusahaan outsourcing berbentuk PT. Boleh jadi, koperasi memang tidak layak menjadi pelaku outsourcing.

Masih soal ‘baju perusahaan’, Permen No 19 ini juga bakal melarang perusahaan pemborong pekerjaan yang tidak berbadan hukum. Berbeda dengan Kepmen 220 yang masih memberikan keleluasaan kepada perusahaan yang tidak berbadan hukum sepanjang bergerak di bidang pengadaan barang, atau jasa pemeliharaan dan perbaikan.  

Hal lain yang diatur dalam Permen No 19 ini adalah kewajiban mendaftarkan perjanjian pemborongan pekerjaan dan penyediaan jasa pekerja kepada instansi ketenagakerjaan setempat. Praktik sebelumnya, kewajiban pendaftaran ini hanya berlaku untuk penyediaan jasa pekerja.

Perbedaan lain yang mencolok adalah soal izin operasional perusahaan penyedia jasa pekerja. Kepmen 101 menyatakan izin operasional diberikan untuk jangka waktu lima tahun dan berlaku di seluruh Indonesia. Sedangkan Permen No 19 hanya tiga tahun dan hanya berlaku di satu provinsi.

Untuk melindungi pekerja outsourcing, Permen ini juga mencantumkan hak apa saja dari pekerja outsourcing yang harus dipenuhi oleh perusahaan penyedia jasa. Semisal hak cuti, jaminan sosial, tunjangan hari raya, hingga hak mendapatkan ganti rugi bila diputuskan hubungan kerjanya oleh perusahaan outsourcing.

Menarik untuk melihat bagaimana respon pengusaha –baik perusahaan outsourcing maupun pengguna outsourcing­- atas terbitnya peraturan ini. Dan tentunya tanggapan para pekerja yang selama ini selama ini menganggap outsourcing seperti perbudakan modern.

Share:
tanggapan
Jasa Perbaikan PeralatanF.Roji 18.06.14 07:40
Untuk Jasa Perbaikan bangunan atau peralatan tertentu yg berlokasi di area pabrik apa juga diwajibkan PT (CV tidak boleh)? trus kedua bagaimana kalau jasa perbengkelan yang perbaikannya di luar area pabrik? Tks
Outsource SPG dan Driver apakah diperbolehkanAktanto 22.10.13 09:30
kalau kita melihat pada ketentuan Permenakertrans No 19 Tahun 2012 dan Juklak SE No 4 tahun 2013 yang dimana didalam ketentuan pasal 17 ayat 3 menyebutkan ruang lingkup kegiatan atau pekerjaan yang dapat diserahkan kepada perusahaan outsource, didalam ketentuan tersebut tidak menyebutkan adanya ketentuan tentang pelayanan jasa diluar pertambangan dan perminyakan,...yang jdi pertanyaan saya 1. apakah driver masih boleh dioutsource sedangakan dalam pasal 17 ayat 3 huruf e hanya mendeskripsikan tentang usaha penyediaan angkutan (dalam artian alat transportasi), tetapi dalam kasus saya, saya hanya ingin menggunakan drivernya saja dan alatnya tidak....apakah diperkenankan? 2. SPG apakah masuk dalam ketentuan tersebut dan apakah dapat di outsourcing? thanks & Br
Pekerja Outsourcing PT.JictMoel 01.09.13 18:19
Masih Berlakunya sistim kerja outsor yang mana mereka bekerja sdh puluhan tahun,dan mrk berhubungan langsung dng Produksi.sy mhn tanggapanya dari intansi terkait.
outsorcing PT telkomsirajuddin 16.06.13 17:50
dengan adanya permen 19 tahun 2012,apakah outsorcing PT telkom bisa menjadi karyawan tetap, karena semua outsorsing PT telkom berhubungan langsung operasional perusahaan telkom tersebut, mohon pencerahannya
Kapan tenaga Kontrak diPertamina diangkatridar 02.05.13 21:03
saat ini masih banyak diPertamina Persero berstatus outsourcing, kapan tenaga kontraknya bisa menjadi pegawai tetap ?.
Nggak Enaknya jadi tenaga kerja outsourceadji 11.04.13 09:46
Tidak ada kelebihan kontrak outsouce sama permanent outsource...semua yg didapay sama..bedanya satu dikontrak..yg satu tdk...hanya saya kecewa..saya lihat kalau karyawan bukan outsource dapat fasilitas LOAN...teman2 saya yg Direct Staff cerita bisa beli Rumah, Mobil dll..semua didapat dari SOFTLOAN....Kenapa di Outsource tidak ada fasilitas ini......anggaplah utuk Karyawan Permanentnya outsource.....sementara kita bekerja berapa banyak uang kita dipotong untuk outsource....dng istilah Management Fee.....saya pernah lihat tabulasi tagihan outsource saya dari outsource...lumayan besar ya...yg dipotong....saya anggap kerja tapi di outsource = KITA MENJADI TKI di negara sendiri.....Tolong Pemerintah memperhatikan ini...supaya kita bisa Punya Rumah, Kendaraan.dll seperti yg bukan outsource....Terimakasih...Salam..
Permen 19 tentang Outsourcingjefri 18.01.13 07:13
Kapan Outsourcing di hapuskan di perusahaan MIGAS,sampai saat ini masi ada karyawan-karyawan kontrak.
Permenaker Outsourcing Sudah BerlakuAbdul Ghafur Radhi 11.12.12 09:22
Kalau melihat Permen ini yang hanya membatasi 5 jenis usaha yang boleh di outsourcingkan, bagaimana dengan jenis-jenis pekerjaan seperti IT, klinik(dokter, paramedis), operator telpon etc. apakah tugas-tugas ini juga haram di outsoursingkan ? mohon pencerahannya. salam, AGR
Outsourc di bidang perkebunanricky hera djaya 11.12.12 08:12
pada kep 220/men/x/2004 diatur bahwa boleh dilakukan pemborongan terhadap suatu pekerjaan kepada perorang non badan hukum (apabila didaerah tersebut tidak ada perusahaan pemborong berbadan hukum). bagaimana pengaturannya dengan adanya permen no 19 tahun 2012 ini? dan terkait definisi cleaning service/jasa kebersihan, sejauh mana pengertian kalimat tersebut? apa tukang kebun (bersihin rumput,dll) termasuk kegiatan kebersihan? lalu apa maksud dari "asosiasi sektor usaha" harus membuat alur pekerjaan sektor usaha masing-masing? jadi kami (dari sektor perkebunan kelapa sawit) harus menunggu GAPKI menentukan mana yang merupakan pekerjaan pendukung dan mana yang utama? atau kami bisa membuat alur tersebut secara masing-masing? dan terakhir bagaimana ketentuannya terkait BHL yang di outsourc kan? apa tetap dapat jamsostek,cuti,thr,dsb.. sedangkan menurut UU 13 tahun 2003 itu baru didapat pada ketentuan tertentu (misal: bekerja 12 bulan secara continue berturut2) sedangkan BHL mempunyai volume pekerjaa dan waktu yang berubah-ubah (bisa 2 minggu kerja, 2 minggu libur). bagaimana ketentuannya?
usaha jasa penunjang di pertambangan dan perminyakanSusi Yulianti 21.11.12 11:16
mohon info , apakah yang dimaksud dengan/ kriteria dari :usaha jasa penunjang di pertambangan dan perminyakan yg disebutkan di pasal 17 ayat 3 ( d) ???

Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.