Agar Tak Salah Pilih Karier, Ini Wejangan untuk Mahasiswa Hukum
Terbaru

Agar Tak Salah Pilih Karier, Ini Wejangan untuk Mahasiswa Hukum

Lulusan hukum berpotensi dapat bekerja di industri manapun, tidak hanya advokat. Untuk mencapai hal itu dibutuhkan tidak hanya kemampuan ilmu hukum tetapi juga keterampilan lain.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
RMP Mohamed Idwan Ganie selaku Senior Partner Lubis Ganie Surowidjojo (LGS). Foto: RES
RMP Mohamed Idwan Ganie selaku Senior Partner Lubis Ganie Surowidjojo (LGS). Foto: RES

Sebagai negara hukum banyak universitas di Indonesia yang saat ini membuka Fakultas Hukum, sehingga setiap tahunnya Fakultas Hukum meluluskan ribuan mahasiswa dengan gelar sarjana Ilmu Hukum.

Dari ribuan lulusan sarjana hukum, profesi advokat menjadi salah satu impian banyak lulusan ilmu hukum. Namun, selain advokat ternyata masih banyak pilihan karier bagi lulusan hukum yang dapat berkarier di bidang non hukum tanpa mengesampingkan ilmu hukumnya.

RMP Mohamed Idwan Ganie selaku Senior Partner Lubis Ganie Surowidjojo (LGS) dalam talkshow Days of Law Career Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2023 (DOLC FH UI 2023), mengungkapkan lulusan ilmu hukum saat ini bisa menjadi apa saja tetapi harus dibarengi dengan rencana matang dari individunya.

Baca Juga:

“Kalau dulu lulusan hukum itu bisa jadi apa saja, tapi zaman sekarang berbeda. Tidak bisa menggunakan pemikiran orang zaman dulu, kalau bisa pas masuk kuliah sudah ada planning ke depan mau jadi apa karena dunia sekarang sangat cepat,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, jalan setiap orang berbeda antara satu dengan yang lain. Tidak semua rumus sukses adalah sama, sehingga perlu untuk menargetkan impian dengan membuat rencana karier yang matang.

“Bikin karier planning seawal mungkin, bikin planning A,B,C atau D kalau meleset sedikit setidaknya masih ada planning lain,” lanjutnya.

Tags:

Berita Terkait