Alasan ‘Bisunya’ Livestream Sidang Pemeriksaaan Saksi dengan Terdakwa RE
Utama

Alasan ‘Bisunya’ Livestream Sidang Pemeriksaaan Saksi dengan Terdakwa RE

Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyebutkan boleh atau tidaknya siaran langsung dengan memperdengarkan audio merupakan otoritas majelis hakim dan harus dihormati. Akan tetapi untuk proses lainnya seperti pembacaan tuntutan, pledoi, keterangan terdakwa berdasarkan informasinya majelis sepakat akan di-livestreaming.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Momen Terdakwa Richard Eliezer bersimpu meminta maaf kepada orang tua Brigadir Yosua saat sidang pemeriksaan saksi di PN Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022). Foto: RES
Momen Terdakwa Richard Eliezer bersimpu meminta maaf kepada orang tua Brigadir Yosua saat sidang pemeriksaan saksi di PN Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022). Foto: RES

Sidang perkara pembunuhan berencana terhadap korban Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan terdakwa Richard Eliezer (RE) berlanjut. Pada Selasa (25/10/2022), majelis hakim menggelar sidang dengan agenda pemeriksaan terhadap 12 orang saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum. Selama berlangsungnya sidang perkara ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) tidak sepenuhnya menayangkan livestream pada kanal Youtube-nya seperti sebelumnya pada pembacaan dakwaan ataupun eksepsi.

Di sisi lain, berbagai media baik media televisi ataupun online yang menyiarkan langsung persidangan juga hanya sebatas menampilkan video tanpa suara. Meski beberapa sempat menayangkan dengan diikuti audio, tetapi tak lama kemudian audio kembali “dibisukan” atau tanpa suara. Hal ini lantas membuat masyarakat yang menyaksikan livestream persidangan ini bertanya-tanya.

“Jadi begini, alasan kenapa tidak boleh live (dengan memperdengarkan audio) karena perkara sudah menjadi otoritas majelis hakim. Tentu majelis hakim yang bisa menjelaskan. Dalam praktik, ada majelis hakim yang mendasarkan pada Pasal 159 ayat (1) KUHAP. Agar apa? Integritas pembuktian yang muncul dari alat bukti diantaranya saksi-saksi itu nanti jangan sampai keterangan saksi ini didengar oleh saksi berikutnya,” ujar Pejabat Humas PN Jaksel, Djuyamto, kepada Hukumonline melalui sambungan telepon, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga:

Pasal 159 ayat (1) KUHAP berbunyi, “Hakim ketua sidang selanjutnya meneliti apakah semua saksi yang dipanggil telah hadir dan memberi perintah untuk mencegah jangan sampai saksi berhubungan satu dengan yang lain sebelum memberi keterangan di sidang”. Djuyamto melanjutkan jika keterangan saksi yang satu telah didengar oleh saksi berikutnya, maka itu akan mempengaruhi integritas dan kualitas pembuktian. Pada akhirnya dapat berakibat nanti dalam putusan.

Karena itulah, dalam praktik peradilan, terdapat majelis hakim yang melarang livestream dalam proses pemeriksaan saksi-saksi. Namun, bagi majelis hakim yang tidak melarang live menurutnya jelas memiliki pertimbangan tersendiri tentang keberadaan Pasal 159 ayat (1) KUHAP itu. “Kesimpulannya, mau di-live-kan atau tidak itu otoritas majelis hakim dan harus kita hormati,” kata dia.

Hal terpenting yang perlu digarisbawahi, kata Djuyamto, sidang tetap terbuka untuk umum. Masyarakat yang hadir di ruang persidangan dapat melihat langsung jalannya sidang, demikian halnya dengan kalangan pers yang tetap memadati PN Jaksel. Ia menegaskan layar monitor juga tetap disediakan pengadilan dengan mengeluarkan audio untuk diperdengarkan di lingkungan PN Jakarta Selatan.

Tags:

Berita Terkait