Bimbingan Kerja Fresh Graduate, Kupas Tuntas Kerja-Kerja Lawyer di Law Firm
Utama

Bimbingan Kerja Fresh Graduate, Kupas Tuntas Kerja-Kerja Lawyer di Law Firm

Tanggung jawab dari lawyer terus berkembang seiring berjalannya waktu dan semakin banyak pengalaman yang diperoleh. Umumnya di tahun pertama, lawyer akan ditugasi hal-hal mendasar, seperti translasi, listing berbagai dokumen terkait, dan riset.

Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Partner GHP Law Firm Yohanes Brilianto saat menyampaikan materi dalam 'Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum', Rabu (12/7/2023). Foto: RES
Partner GHP Law Firm Yohanes Brilianto saat menyampaikan materi dalam 'Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum', Rabu (12/7/2023). Foto: RES

Hukumonline menggelar pelatihan bertajuk “Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum” pada 12-13 Juli 2023. Bertempat di Hukumonline Training Center, Jakarta, acara ini menghadirkan narasumber dari GHP Law Firm, SSEK Law Firm, dan Perwakilan Indonesian Corporate Counsel Associate (ICCA).

Pada hari pertama, salah satu pembahasan mengenai tips & trick menjadi lawyer dan pemahaman mengenai corporate law practice. Dijelaskan secara langsung oleh kalangan praktisi, para peserta terlebih dahulu dibekali selayang pandang bila bekerja pada sebuah firma hukum.

First year associate di corporate law firm jangan berharap negosiasi langsung, meeting. Yang kalian lakukan translation, list of request documents, hal-hal basic yang harus kalian tahu terlebih dahulu,” ujar Partner GHP Law Firm Yohanes Brilianto dalam pemaparannya, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga:

Selain melakukan translasi dan listing berbagai dokumen terkait, pada tahun pertama sebagai lawyer di firma hukum biasanya ditugaskan untuk melakukan riset. Mulai dari hal ringan, seperti memastikan apakah bidang usaha tertentu terbuka untuk asing atau tidak, melihat kembali peraturan sektoral dan apakah terdapat larangan atau requirements tersendiri, dan lain-lain.

Hukumonline.com

Partner GHP Law Firm Yohanes Brilianto menyampaikan materi di hadapan peserta bimbingan. 

Menurutnya, dahulu lawyer masih harus mengumpulkan dan melakukan pengecekan terkait peraturan secara manual. Tapi kini telah terdapat layanan dari Hukumonline yang dapat dimanfaatkan.

“Ini peran yang dimainkan Hukumonline, bisa law firm langgangan Hukumonline. Kita (di law firm yang bersangkutan) ada akun Hukumonline. Kalian tinggal buka, baca peraturannya dan dicabut dengan peraturan apa. Hukumonline biasanya sudah buat peraturan konsolidasi (dan bisa akses melalui itu),” ungkap advokat senior yang akrab disapa Brili itu.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait