Dampak Digitalisasi terhadap Investasi di Kalangan Muda
Terbaru

Dampak Digitalisasi terhadap Investasi di Kalangan Muda

Tetap mengedepankan asas kehati-hatian kalangan investor muda sebelum menjatuhkan pilihan.

Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Perkembangan dunia digitalisasi berpengaruh terhadap berbagai lini di sektor perekonomian. Hal ini memiliki dampak positif terhadap perubahan cara pandang kalangan anak muda di bidang ekonomi. Menariknya, banyaknya kalangan muda yang terjun di dunia investasi seiring dengan perkembangan teknologi.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berpendapat generasi muda dalam kurun belakangan terakhir mengalami peningkatan yang terjung ke dunia investasi. Tapi Airlangga mengingatkan agar para investor muda waspada dan mengedepankan kehati-hatian dalam memilih instrumen investasi yang dipilihnya. Tujuannya agar kalangan muda tetap menyeimbangkan antara investasi yang agresif dan investasi konservatif.

“Hal itu penting karena investasi konservatif tetap memiliki faktor keamanan lebih tinggi,” ujarnya melalui keterangannya, Senin (4/10/2022) kemarin.

Terpisah, Head of Center of Innovation and Digital Economy, Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda berpendapat meroketnya jumlah investor muda di tanah air menjadi berkah tersendiri atas perkembangan penggunaan digitalisasi di era pandemi Covid-19. Malahan investasi pun menjadi pilihan tersendiri bagi pemulihan ekonomi.

Dia menilai pilihan investasi pun menjadi beragam karena didorong oleh digitalisasi di sektor jasa keuangan. Karena itulah, kian banyak anak muda melakukan kegiatan investasi di era pandemi. Mulai di pasar saham, serta aset kripto. Selain itu, kemudahan berinvestasi menjadi salah satu alasan para kalangan muda dalam berinvestasi.

Namun begitu, Nailul mengingatkan agar pemilihan jenis investasi bakal amat mempengaruhi kemakmuran investornya. Karenanya, para investor muda perlu mengedepankan asas kehati-hatian sebelum menjatuhkan pilihan. Namun lagi-lagi, perkembangan teknologi digitalisasi memudahkan banyak hal.

“Dengan hanya mengandalkan gadget saja sekarang anak-anak muda ini bisa menghasilkan bahkan bisa lebih banyak dibandingkan dengan investasi di sektor riil,” ujarnya.

Tags:

Berita Terkait