FH Universitas Muhammadiyah Riau-Hukumonline Gelar Sosialisasi Pusat Data
FH Universitas Muhammadiyah Riau-Hukumonline Gelar Sosialisasi Pusat Data
Terbaru

FH Universitas Muhammadiyah Riau-Hukumonline Gelar Sosialisasi Pusat Data

Sosialisasi Pusat Data Hukumonline kepada FH UMRI sebagai tindak lanjut MoU FH UMRI-Hukumonline. FH UMRI dapat mengakses lebih dari 150.000 peraturan, putusan pengadilan, dan sumber lainnya di Pusat Data Hukumonline.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 2 Menit
Wakil Dekan FH Universitas Muhammadiyah Riau Saut Maruli Tua Manik saat acara sosialisasi Pusat Data Hukumonline, Selasa (17/1/2022). Foto: ADY
Wakil Dekan FH Universitas Muhammadiyah Riau Saut Maruli Tua Manik saat acara sosialisasi Pusat Data Hukumonline, Selasa (17/1/2022). Foto: ADY

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Riau (FH UMRI) bersama Hukumonline menggelar sosialisasi Pusat Data Hukumonline. Sebelumnya FH UMRI telah menandatangani kerja sama program University Solution dengan Hukumonline. Kerja sama strategis ini adalah kelanjutan konkrit dari Memorandum of Understanding (MoU) dengan Forum Dekan Fakultas Hukum dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia (Fordek Hukum PTM).

Wakil Dekan FH UMRI Saut Maruli Tua Manik, hadir dalam pertemuan itu secara daring. Sebagai perwakilan dari pimpinan FH UMRI, Saut berharap kerja sama yang terjalin antara FH UMRI dan Hukumonline dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi dosen dan mahasiswa.

Di tengah situasi yang menuntut kompetisi yang ketat, Saut berharap sarjana hukum jebolan FH UMRI bisa memiliki skill dan pengetahuan yang memadai. Kerjasama ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan harapan tersebut. “Adanya MoU dan kerja sama ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi civitas akademik FH UMRI, khususnya mahasiswa dan dosen,” kata Saut Maruli Tua Manik dalam kegiatan sosialisasi Pusat Data Hukumonline untuk FH UMRI yang diselenggarakan secara daring dan luring, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga:

Dalam kesempatan yang sama, Business Development Officer Hukumonline Dwi Indah Anggraini mengatakan untuk bisa mengakses Pusat Data Hukumonline kalangan civitas FH UMRI hanya perlu untuk mengaktifkan surat elektronik (surel) yang telah didaftarkan untuk membuat akun Hukumonline. “Silakan dicek di email masing-masing yang sudah didaftarkan untuk mengakses layanan Pusat Data Hukumonline,” ujarnya.

Hukumonline.com

Business Development Officer Hukumonline Dwi Indah Anggraini. 

Layanan Pusat Data Hukumonline dapat diakses setelah masuk ke dalam akun antara lain peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, dan artikel Premium Stories. Pusat Data Hukumonline memiliki lebih dari 150.000 data peraturan dan putusan pengadilan.

Untuk mencari data yang diperlukan, pengguna hanya perlu mengetik di kolom pencarian. Setelah itu akan muncul berbagai data sesuai dengan kata yang sudah diketik. Pengguna tinggal memilih data apa yang dibutuhkan seperti peraturan, putusan, artikel, atau lainnya.

Terkait data berupa peraturan dan putusan, Indah mengatakan pengguna bisa menelusuri sejarahnya. Misalnya kapan peraturan diterbitkan, peraturan apa yang diganti atau dicabut, apakah peraturan itu masih berlaku atau tidak. Jika aturan itu pernah diuji misalnya ke Mahkamah Konstitusi, pengguna juga bisa menelusuri putusannya.

Mengenai data berupa artikel Premium Stories, Indah menyebut isinya membahas beragam isu hukum secara mendalam dan komprehensif. Artikel itu juga memuat putusan terkait isu yang dibahas, hasil riset, buku, kutipan jurnal hukum, dan sumber lainnya. “Artikel Premium Stories ini kerap digunakan sebagai bahan diskusi di kampus,” katanya.

Tags:

Berita Terkait