FH Universitas Singaperbangsa Karawang Tetapkan 2 Kategori Besar Profil Lulusan
Law School Stories

FH Universitas Singaperbangsa Karawang Tetapkan 2 Kategori Besar Profil Lulusan

FH Unsika mempunyai 4 program peminatan yakni hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, dan hukum ketenagakerjaan. FH Unsika juga mempersiapkan program, seperti Career Day dan pendampingan profesi bagi kalangan mahasiswa.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
FH Universitas Singaperbangsa Karawang Tetapkan 2 Kategori Besar Profil Lulusan
Hukumonline

Dalam sebuah kesempatan, Hukumonline menyambangi ruang kerja Dekan Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang (FH Unsika) Dr. Imam Budi Santoso dan melakukan wawancara eksklusif. Imam membeberkan keunikan/keunggulan FH Unsika dan posisi strategis kampus di kota Karawang, Jawa Barat yang merupakan salah satu kota industri besar di Indonesia.

Tak heran, kurikulum yang diberlakukan di FH Unsika merupakan kurikulum yang berbasis industri. Lebih lanjut, FH Unsika menyajikan 4 peminatan yakni hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, dan peminatan baru hukum ketenagakerjaan.

“Keempat peminatan itu kami siapkan lulusan pada 2 kategori besar profesi. Pertama penegak hukum baik polisi, jaksa, pengacara, hakim. Kedua, kategori untuk industri. Kami siapkan lulusan agar bisa diterima pihak lain sesuai kompetensi yang kita siapkan dari awal,” ungkap Imam kepada Hukumonline, Rabu (10/1/2024).

Selengkapnya, simak tautan video berikut ini!

Baca Juga:

Alumni FH Unsika dan Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung (FH Unisba) ini menyampaikan pandangannya perihal peran dari Fakultas Hukum dalam mengarahkan pilihan profesi mahasiswanya. “Dalam orientasi mahasiswa, kita sudah arahkan ke beberapa profesi yang bisa diakses mahasiswa ketika sudah selesai perkuliahan,” kata dia.

Selain itu, FH Unsika mempersiapkan program seperti Career Day dan pendampingan profesi. Dalam pendampingan, mahasiswa akan diklasterisasi profesi berdasarkan peminatan. Bila yang bersangkutan memiliki minat sebagai penegak hukum, maka akan dihadirkan pendamping dari alumni yang berprofesi di bidang relevan. 

Guna mewujudkan visi Inovatif, Kompetitif, dan Unggul Unsika, FH Unsika mempersiapkan sumber daya manusia. Khususnya dosen dalam rangka pendampingan dan transfer keilmuan sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Khusus untuk kompetensi ketenagakerjaan, FH Unsika menyiapkan pelatihan ketenagakerjaan agar para mahasiswa terampil dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Demikian halnya dengan peminatan lain, FH Unsika telah mempersiapkan berbagai workshop khusus bagi mahasiswa.

“Manfaat Hukumonline satu kata luar biasa. Karena Hukumonline dapat menunjang karier saya sebagai dosen. penelitian bisa dilakukan dengan mencari referensi melalui Hukumonline. Untuk kami FH Unsika ini sangat membantu luar biasa. Kami ucapkan terima kasih buat Hukumonline. luar biasa!”

Tags:

Berita Terkait