Gelar Sosialisasi Penggunaan Hukumonline, PN Jakpus Harap Dapat Membantu Hakim
Terbaru

Gelar Sosialisasi Penggunaan Hukumonline, PN Jakpus Harap Dapat Membantu Hakim

Diharapkan hakim-hakim dapat memaksimalkan layanan yang diberikan dan bisa memperkaya diri dengan informasi terbaru maupun mengakses berbagai aturan secara lebih cepat.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua PN Jakpus Henny Trimira Handayani (kiri) dan Senior Vice President of Content Hukumonline Robert (kanan) saat acara sosialisasi fitur penggunaan Hukumonline Pro, Senin (3/4/2023). Foto: FKF
Wakil Ketua PN Jakpus Henny Trimira Handayani (kiri) dan Senior Vice President of Content Hukumonline Robert (kanan) saat acara sosialisasi fitur penggunaan Hukumonline Pro, Senin (3/4/2023). Foto: FKF

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) secara resmi menjalin kerja sama dengan Hukumonline. Kerja sama ini berupa pengadaan akun Hukumonline Pro bagi kalangan Hakim dan Staff PN Jakpus serta pojok e-Perpus by Hukumonline. Dihadiri oleh puluhan peserta, kegiatan Sosialisasi Cara Penggunaan Hukumonline bagi Hakim dan Staff PN Jakarta Pusat ini telah berlangsung dengan tertib.

“Hakim itu kan dianggap semua tahu, ius curia novit (hakim dianggap mengetahui semua hukum). Harapannya (pengadaan akun Hukumonline Pro ini) dapat menambah wawasan hakim,” ujar Wakil Ketua PN Jakpus Henny Trimira Handayani kepada Hukumonline usai ajang sosialisasi digelar, Senin (3/4/2023).

Ia menuturkan kalangan hakim mungkin telah terbekali cukup dengan pengetahuan hukum, tetapi terkait perkembangan terbaru seringkali menjadi tantangan tersendiri. Dapat dipahami, mengingat padatnya agenda sidang para hakim dalam satu hari yang bisa memakan waktu dari pagi sampai dengan sore di Pengadilan. Hal tersebut membuat kesempatan untuk membaca menjadi minim.

Baca Juga:

Meski memiliki waktu istirahat, namun menurutnya kesempatan itu harus dipergunakan untuk istirahat. Sebab, otak manusia sudah sepatutnya memiliki waktu tersendiri ketika bekerja dan harus mendapatkan istirahat. Melalui kerja sama yang terjalin, diharapkan dapat dimanfaatkan hakim untuk memperkaya diri dengan informasi terbaru maupun mengakses berbagai aturan secara lebih cepat.

“Mudah-mudahan ini (pengadaan Hukumonline Pro) bisa membantu,” harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Senior Vice President of Content Hukumonline Robert Sidauruk, menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta mengikuti kegiatan Sosialisasi Cara Penggunaan Hukumonline bagi Hakim dan Staff PN Jakarta Pusat ini. Dia melihat PN Jakarta Pusat telah membuat suatu terobosan dalam membantu para hakim.

“Hari ini Pengadilan Negeri Jakarta Pusat melakukan terobosan untuk membantu hakim-hakimnya melakukan riset hukum, melakukan pencarian yurisprudensi, peraturan, melalui kerja sama dengan Hukumonline. Atas kerja sama ini, seluruh jajaran hakim dan staff PN Jakpus punya akses terhadap Hukumonline dan bisa research lebih baik dari sebelumnya,” ucap Robert.

Tim Hukumonline menerangkan cara memaksimalkan penggunaan Hukumonline Pro yang diterima. “Tujuan acara ini untuk mensosialisasikan fitur-fitur (Hukumonline Pro) yang kebetulan dari Pak Ketua PN Jakpus, Yang Mulia Lilik Prisbawono, punya inovasi. Bagaimana caranya bisa riset hukum bagi hakim ini yang tumpukan perkaranya banyak itu bisa dengan cepat dengan fitur-fitur di Hukumonline.”

Besar harapan ke depannya dengan pemanfaatan berbagai fitur yang disajikan Hukumonline Pro bisa memudahkan Hakim dan Staff di PN Jakpus. Dengan begitu, khususnya bagi hakim dapat melakukan riset dengan cepat serta menghasilkan putusan yang jauh lebih berkualitas.

“Karena bisa punya bank hukum atau bank putusan dan peraturan dengan inovasi terkini (melalui Hukumonline Pro) yang bisa dimanfaatkan hakim-hakim. Jadi kita berharap putusan yang diterbitkan itu bisa lebih cepat dan berkualitas,” katanya.

Tags:

Berita Terkait