Heboh Kasus ACT Hingga Perbedaan Penipuan dan Penggelapan
Terbaru

Heboh Kasus ACT Hingga Perbedaan Penipuan dan Penggelapan

Sekretaris perusahaan memikiki peran penting di era teknologi informasi, pentingnya mengenali passion bagi mahasiswa hukum untuk memilih karier ke depan, dan mengenal konsep-konsep berafiliasi dengan kantor hukum asing.

M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Heboh Kasus ACT Hingga Perbedaan Penipuan dan Penggelapan
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Rabu (6/7). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

1. Heboh Kasus ACT, PPATK Temukan Indikasi Transaksi Keuangan Bermasalah

Laporan Majalah Tempo mengenai penyalahgunaan donasi masyarakat yang dikumpulkan lembaga filantropis Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjadi perhatian publik saat ini. Laporan tersebut memuat dana ratusan miliaran rupiah yang dikumpulkan diduga digunakan tidak sesuai peruntukan yang seharusnya untuk membantu masyarakat terkena musibah hingga pembangunan tempat ibadah. Selain itu, dana digunakan untuk menggaji petinggi dan operasional kantor ACT yang berbentuk yayasan ini.

Baca Juga:

2. Peran Penting Sekretaris Perusahan di Era Teknologi Digital

Di tengah kehidupan yang dipenuhi dengan gencaran teknologi informasi, setiap profesi perlu mampu beradaptasi dengan perubahan dan ketidakpastian yang terjadi pada saat ini, tidak terkecuali bagi seseorang yang berprofesi sebagai sekretaris perusahaan. Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) menyatakan bahwa profesi sekretaris perusahaan memiliki peranan penting dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

3. Belajar Mengenali Passion bagi Mahasiswa Hukum

Bagi para mahasiswa tanpa terkecuali mahasiswa Fakultas Hukum, menjadi hal krusial untuk mulai merencanakan karier yang akan ditempuh ke depan usai menuntaskan pendidikan tingginya. Membangun karier profesi hukum dengan menggali passion yang ada dalam diri dan menggabungkannya dengan pengalaman profesional bidang hukum merupakan keharusan yang mulai dipikirkan matang.

4. Kenali Konsep-Konsep Afiliasi Kantor Hukum Indonesia dengan Law Firm Asing

Dari banyaknya afiliasi antara kantor hukum Indonesia dengan firma hukum asing, terdapat konsep ‘afiliasi’ yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berkenaan dengan itu, Managing Partner Assegaf Hamzah & Partners (AHP) Bono Daru Adji menjelaskan setidaknya terdapat tiga bentuk afiliasi kantor hukum Indonesia dengan firma asing yang umum dijumpai.

5. Perbedaan Penipuan dan Penggelapan dalam KUHP

Penipuan dan penggelapan merupakan tindakan yang termasuk ke dalam tindak pidana yang akibatnya diberikan ancaman hukuman bagi yang melakukannya. Penipuan dan penggelapan diatur dalam pasal yang berbeda dalam KUHP.

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait