Hukumonline Terima Kunjungan PLEADS Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran
Terbaru

Hukumonline Terima Kunjungan PLEADS Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

PLEADS berharap ada kerjasama lebih lanjut, termasuk membantu penulisan secara mendalam.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Jajaran pengurus PLEADS FH UNPAD berkunjung ke hukumonline. Foto: HOL
Jajaran pengurus PLEADS FH UNPAD berkunjung ke hukumonline. Foto: HOL

Jajaran pengurus Padjadjaran Law Research and Debate Society (PLEADS) Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran bertandang ke kantor Hukumonline pada Jumat sore (4/11). Rombongan PLEADS dipimpin langsung ketua umumnya, Mario Angkawidjaja. Selain berkunjung, PLEADS menjajaki kemungkinan kerjasama pelatihan menulis.

“Kami ingin membicarakan potensi kerjasama yang sekiranya dapat ditindaklanjuti, karena Hukumonline cukup terkenal dikalangan mahasiswa dan menginspirasi mahasiswa hukum seperti kami. Khususnya dalam kegiatan dan konten. Kami ingin bersilaturahmi dengan mengunjungi Hukumonline,” ujar Mario.

Mario melanjutkan, kunjungan ini merupakan kunjungan institusi yang rutin dilakukan PLEADS dengan institusi yang berbeda. PLEADS adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di FH UNPAD yang berdiri pada 2012 dengan tujuan untuk menaungi bidang kompetisi hukum dan pengembangan sumber daya manusia khususnya di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung.

UKM yang telah berdiri lebih dari satu dekade ini memiliki tujuan utama organisasi berupa menghidupkan ilmu pengetahuan dan diskursus khususnya di penalaran riset. “Kami membantu mewadahi teman-teman di FH UNPAD yang ingin mengikuti perlombaan debat mulai dari persiapan lomba hingga latihannya,” terang Mario.

Selain sebagai fasilitator dalam persiapan lomba debat, PLEADS FH UNPAD juga mewadahi mahasiswa FH UNPAD dalam mempelajari kontrak dan perancangan undang-undang, karya tulis ilmiah, hingga esai hukum. “Sejauh ini, kami telah memenangkan di antaranya berbagai perlombaan mulai dari menjuarai perlombaan debat, menjuarai lomba karya tulis ilmiah, hingga menjuarai lomba esai hukum,” lanjutnya.

Mario melanjutkan, beberapa waktu lalu juga telah terselenggara program kerja bernama Olimpus 2022 yang merupakan kompetisi hukum olahraga satu-satunya di Indonesia. “Program kerja yang baru saja kami selenggarakan adalah Olimpus 2022 yang merupakan acara perlombaan dan seminar hukum berskala nasional yang bertajuk hukum olah raga. Sekaligus merupakan satu-satunya kompetisi hukum olah raga di Indonesia,” jelasnya.

Untuk menunjang akademik mahasiswa, PLEADS juga menjadi satu-satunya UKM yang mahasiswanya mengelola jurnal hukum Indonesia di lingkup kampus. “Kami juga secara konsisten mengelola biro jurnal hukum yang dulu dikelola oleh dosen dan hingga kini terus berusaha agar jurnal yang dikelola oleh PLEADS bisa tembus ke Sinta dua dan berbagai jurnal terindeks lainnya,” tuturnya.

Tags: