ICJ: KUHP Baru Tak Sesuai Standar HAM Internasional
Terbaru

ICJ: KUHP Baru Tak Sesuai Standar HAM Internasional

Antara lain bertentangan dengan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik (ICCPR), Konvensi mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Wanita (CEDAW), dan Konvensi Hak-Hak Anak (CRC).

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Menkumham Yasonna H Laoly saat persetujuan RUU KUHP menjadi UU, Selasa (6/12/2022). Foto: RES
Menkumham Yasonna H Laoly saat persetujuan RUU KUHP menjadi UU, Selasa (6/12/2022). Foto: RES

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru yang belum lama ini disepakati DPR dan pemerintah terus menuai kritik dari berbagai kalangan. Masyarakat sipil yang tergabung dalam International Commisssion of Jurists (ICJ), menyatakan keprihatinan terhadap KUHP baru karena substansinya masih ada yang bertentangan dengan hukum HAM internasional. Misalnya Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik (ICCPR), Konvensi mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Wanita (CEDAW), dan Konvensi Hak-Hak Anak (CRC).

Penasihat Hukum Associate Internasional ICJ, Daron Tan, mencatat KUHP baru memuat ketentuan yang dapat digunakan secara semena-mena untuk membatasi hak kebebasan berekspresi dan memperoleh informasi. Seperti Pasal 188 KUHP yang mengkriminalisasi “penyebaran dan perkembangan” ideologi yang bertentangan dengan “Pancasila”. Pelanggaran terhadap ketentuan ini diancam pidana penjara sampai 7 tahun.

Keterntuan itu menurut Daron Tan sangat samar dan luas, sehingga melanggar prinsip legalitas yang mengharuskan UU dirancang secara jelas dan tepat agar memungkinkan digunakan untuk mengatur perilaku setiap orang. “ICJ sangat khawatir Pasal 188 digunakan untuk mempidanakan pekerjaan nyata para pembela HAM,” kata Daron Tan saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga:

Begitu juga Pasal 218 KUHP yang mengatur pelarangan pencemaran nama baik Presiden dan Wakil Presiden dengan ancaman pidana sampai 3 tahun dan denda 200 juta. Menurut Daron Tan, hal tersebut akan menekan diskursus dan kritik yang sah, dan secara paten bertentangan dengan afirmasi Komite Hak Asasi Manusia bahwa seluruh pejabat publik “secara hukum dapat menerima kritik dan oposisi politik”.

Daron Tan menyebut lembaganya menekankan di bawah hukum HAM internasional “Pihak-pihak negara harus mempertimbangkan dekriminalisasi pencemaran nama baik,” dan “hukuman penjara bukanlah sanksi yang tepat (untuk pencemaran nama baik).”

“UU KUHP yang baru ini juga mengandung ketentuan problematik terkait dengan penghinaan terhadap pemerintah dan lembaga negara, aksi unjuk rasa dan demonstrasi tanpa pemberitahuan, dan penistaan agama, dimana kesemuanya ini bertentangan dengan kewajiban hak asasi manusia internasional Indonesia,” ujar Daron Tan.

Tags:

Berita Terkait