ICSA-Hukumonline Teken MoU Perkuat Edukasi Hukum Corporate Secretary
Terbaru

ICSA-Hukumonline Teken MoU Perkuat Edukasi Hukum Corporate Secretary

Meski sering berkolaborasi, kini Indonesia Corporate Secretary Association dan Hukumonline resmi menjalin kerja sama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum ICSA Katherine Grace dan Chief Media & Engagement Officer Hukumonline Amrie Hakim saat penandatangan MoU di AYANA Midplaza Jakarta, Selasa (6/2/2024). Foto: FKF
Ketua Umum ICSA Katherine Grace dan Chief Media & Engagement Officer Hukumonline Amrie Hakim saat penandatangan MoU di AYANA Midplaza Jakarta, Selasa (6/2/2024). Foto: FKF

Setelah sebelumnya beberapa kali berkolaborasi dalam beberapa kegiatan, Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) dan Hukumonline akhirnya secara resmi menjalin kerja sama. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak yang dilakukan di AYANA Midplaza Jakarta, Selasa (6/2/2024).

“Pada dasarnya kerja sama dengan Hukumonline ini baru officially kita buat dalam kesepakatan, tapi sebetulnya kita sudah beberapa kali mengadakan kegiatan dengan Hukumonline,” ungkap Ketua Umum ICSA Katherine Grace usai penandatangan MoU.  

Baca Juga:

Baginya, hubungan erat yang terjalin tidak terlepas dari Hukumonline yang dinilai memiliki reputasi sangat baik sejak lama dan telah banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan hukum di Indonesia. Misalnya, melalui pengadaan pusat data peraturan perundang-undangan, regulasi yang telah ditranslasi, analisa, dan lain sebagainya. 

Secara pribadi Grace sudah merasakan banyak keuntungan dari penggunaan Hukumonline. “Menurut saya, organisasi seperti ICSA yang members-nya cukup besar juga harus bisa melihat adanya Hukumonline ini sebagai benefit. Oleh karena itu, kita dengan senang hati mengadakan kerja sama untuk kepentingan bersama yang simbiosis mutualisme (antara Hukumonline dan ICSA),” kata dia.

Adapun ruang lingkup kerja sama kedua lembaga ini salah satunya penyelenggaraan co-event yang akan berlangsung setahun ke depan. Dengan demikian, ICSA akan menggandeng Hukumonline dalam menyelenggarakan ragam kegiatan yang kiranya dapat dikolaborasikan bersama. Atas kerja sama yang terjalin, ia berharap anggota ICSA memperoleh banyak keuntungan dari kegiatan yang dihadirkan. 

“Saya melihat Hukumonline dalam membuat suatu kegiatan cukup terencana dengan baik, dengan pembicara baik, sangat proper. Selama ini pun feedback dari ICSA member sangat baik. Jadi kami support untuk meningkatkan kompetensi dari corporate secretary di Indonesia. Terus sukses untuk Hukumonline, mudah-mudahan kerja sama ini terus memberi manfaat yang baik kepada ICSA dan Hukumonline.”

Chief Media & Engagement Officer (CMO) Hukumonline Amrie Hakim mengamini kerja sama yang berlangsung antara Hukumonline dengan ICSA sebetulnya telah berlangsung cukup lama, sekitar 2-3 tahun terakhir. “ICSA bekerja sama dengan Hukumonline (selama ini) dalam bentuk saling memberi edukasi hukum. Mengenai regulasi, ESG (Environmental, Social, and Governance), GCG (Good Corporate Governance),” ujarnya.

Sebagai mitra strategis Hukumonline, keduanya men-teken MoU dalam rangka menguatkan edukasi hukum kepada corporate secretary dan anggota ICSA juga berkesempatan dapat harga spesial untuk produk Hukumonline Pro. Hukumonline berharap nantinya akan semakin banyak acara yang lebih besar lagi dapat terlahir dari kerja sama ini.

“Dalam kesempatan ini juga sampaikan, Hukumonline mengajak anggota ICSA dalam survei Indonesia Regulatory Compliance Awards 2024. Hukumonline saat ini sedang melakukan survei itu dengan yang kami nilai adalah regulatory compliance dari perusahaan-perusahaan. Kami berharap anggota ICSA dapat berpartisipasi dalam malam penghargaan ini yang akan kami lakukan di bulan Mei mendatang,” katanya.

Tags:

Berita Terkait