Kampus Pengusung Hukum Progresif Ini Punya Visi Riset Berkelas Internasional
Law School Stories

Kampus Pengusung Hukum Progresif Ini Punya Visi Riset Berkelas Internasional

Sebagai kampus hukum progresif harus terimplementasi di bidang pengembangan keilmuan, mahasiswa didorong untuk melakukan reformasi hukum yang berbasis riset baik di dalam maupun di luar negeri.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Kampus Pengusung Hukum Progresif Ini Punya Visi Riset Berkelas Internasional
Hukumonline

Kiprah Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) dalam pembangunan dan perkembangan hukum di Indonesia tak perlu diragukan. Salah satunya sumbangan pemikiran terhadap aliran hukum yang berkembang di Indonesia. Mantan Dekan FH Undip Prof Satjipto Rahardjo, merupakan tokoh hukum penggagas hukum progresif. Ide hukum progresif itu masih diusung FH Undip sampai saat ini.

Dekan FH Undip Periode 2024-2029 Prof Retno Saraswati mengatakan pengembangan aliran hukum progresif menjadi salah satu keunggulan FH Undip dibanding kampus lainnya. Karakter itu berguna bagi mahasiswa setelah lulus ketika berhadapan dengan hukum yang dinilai tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa dituntut lebih peka terhadap perkembangan hukum berbasis riset dan tulisan/artikel untuk menawarkan solusi.

“Hal ini yang menjadi ikon FH Undip sebagai kampus yang mengusung hukum progresif,” kata Dekan FH Undip Prof Retno Saraswati di kampus FH Undip, Semarang, Jum’at (19/1/2024).

Selengkapnya, simak hasil wawancara Dekan FH Undip pada tautan video berikut ini!

Baca Juga:

Prof Retno menjelaskan keunggulan yang dimiliki FH Undip mencakup bidang akademik dan non akademik. FH yang dipimpinnya punya program studi (prodi) yang terakreditasi unggul dan 2 prodi terakreditasi internasional yakni prodi Sarjana Hukum (S1) dan Magister ilmu Hukum (S2). Proses pembelajaran ditunjang dosen yang memiliki kualifikasi terbaik antara lain 14 guru besar dan sebagian besar dosen bergelar doktor.

Keunggulan di bidang non akademik antara lain fasilitas yang memadai seperti perpustakaan, berlangganan jurnal, dan e-book, serta buku yang bisa dibaca secara luring. Prestasi mahasiswa FH Undip di bidang akademik dan non akademik juga menjadi unggulan misalnya kerap meraih juara lomba peradilan semu (moot court) dan kompetisi karate di kancah nasional dan internasional.

Kini, FH Undip sendiri memiliki 7 bidang konsentrasi yakni hukum pidana, perdata, tata negara dan administrasi negara, hukum internasional, hukum acara, dasar-dasar ilmu hukum, serta hukum dan masyarakat (humas). Konsentrasi bidang studi itu terkait juga profil lulusan yang dikenal dengan istilah The Seven Star yang mencakup 7 standar profil lulusan yakni Law Policy Maker, Law Problem Solver, Negotiatior, Entrepreneur, Communicator, Professional, dan Leader.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait