Kiprah Lingga Nugraha, Lawyer yang Terjun ke Dunia In House Counsel Maskapai Penerbangan
Utama

Kiprah Lingga Nugraha, Lawyer yang Terjun ke Dunia In House Counsel Maskapai Penerbangan

Sempat mendirikan kantor hukum. Terdapat tiga orientasi bagi seorang in house counsel untuk terus memiliki kemampuan menguasai materi dari tugas yang diembannya.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 5 Menit
Hukumonline
Hukumonline

Tak pernah terpikir bakal berkarir di dunia hukum dalam benak Lingga Nugraha, Vice President Corporate  Legal and Compliance PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Berkeinginan menjadi seorang pengusaha menjadi cita-citanya yang dipupuk dalam pikirannya. Mewujudkan keinginannya, Lingga memilih menempuh pendidikan di Program Studi Diploma III Bisnis Internasional Universitas Padjajaran (Unpad).

Kendatipun Lingga tercatat dan aktif sebagai anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung, namun takdir berkata lain. Ketika berkuliah studi bisnis, Lingga mendapati teman-temannya yang berbisnis mengalami kesulitan hukum, seperti penyusunan kontrak, restructuring, hingga bankruptcy. Melihat persoalan tersebut membuat Lingga berpikir terdapat bidang baru kelimuan yang menarik dipelajari. Yakni, ilmu hukum.

“Saya melihat ada aktivitas hukum yang krusial. Aktivitas kepailitan. Di situ ada kurator terlibat ada lawyering juga. Di situ, saya penasaran. Jadi, di situ saya melihat perlu lawyer yang paham bisnis itu sendiri,” ujarnya saat berbincang dengan Hukumonline  di kantornya, Selasa (14/11/2023) lalu.

Dengan latar belakang tersebut, Lingga menggeluti ilmu hukum hingga menempuh pendidikan program sarjana di Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STHB) bersamaan dengan kuliah bisnisnya di Unpad. Kian tertarik dengan ilmu hukum, Lingga melanjutkan studi program magister ilmu hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Kini, Lingga sedang merampungkan program studi hukum doktoralnya di Universitas Pelita Harapan.

Baca juga:

Hukumonline.com

Sempat menempuh pendidikan hukum berbarengan dengan disiplin ilmu bisnis di perguruan tinggi yang berbeda. Foto: RES

Singkat cerita, setelah menempuh pendidikan sarjana hukumnya, Lingga meniti karir sebagai lawyer. Lingga pun mendirikan kantor hukum bernama Nugraha Partnership. Setelah malang-melintang menjalani profesi lawyer akhirnya Lingga melabuhkan diri ke perusahaan maskapai penerbangan milik perusahaan pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, September 2022.

Tags:

Berita Terkait