KPK Tahan Presiden PKS
Berita

KPK Tahan Presiden PKS

Tersangka langsung menyatakan mundur dari jabatan Presiden PKS.

Oleh:
FAT
Bacaan 2 Menit
Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq ditahan KPK. Foto: Sgp
Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq ditahan KPK. Foto: Sgp

KPK melakukan penahanan terhadap tersangka suap terkait impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq. Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, penahanan dilakukan di Rutan KPK cabang Jakarta Timur yang terletak di Pomdam Guntur. Penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan.

Menurut Johan, penahanan ini dilakukan setelah KPK melakukan pemeriksaan terhadap Luthfi. Meskipun Luthfi yang tiba di gedung KPK pada Kamis tanggal 31 Januari 2013 pukul 00.00 WIB, terdapat jeda dalam pemeriksaan. Saat tiba di gedung KPK, Luthfi diperiksa penyidik sekitar satu atau dua jam.

Kemudian, Luthfi beristirahat dan pada pagi harinya sekitar pukul 09.30 WIB, pemeriksaan kembali dilanjutkan. Dan akhirnya pada pukul 17.45 WIB, Luthfi keluar dari gedung KPK menuju Rutan Guntur. "Atas kewenangan yang dimiliki penyidik dilakukan upaya penahanan," ujar Johan, Kamis (31/1) sore.

Johan menuturkan, meski tak tertangkap tangan, Luthfi langsung ditahan lantaran kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan. Seperti kasus-kasus tangkap tangan yang ada di KPK sebelumnya, setiap tersangka dalam waktu 1X24 jam langsung ditahan. Karena, jika dalam waktu 1X24 jam itu tersangka tak ditahan, maka harus dilepas demi hukum.

Sejalan dengan itu ada empat alasan kenapa penahanan dilakukan. Keempat alasan itu adalah, tersangka tersebut berpotensi menghilangkan barang bukti, melarikan diri, mengganggu penyidikan dengan mempengaruhi saksi-saksi yang akan diperiksa KPK dan berpeluang melakukan tindak pidana yang lain. "Ini murni kewenangan penyidik alasan subyektif dan obyektif," ujar Johan.

Sementara itu, Luthfi sebelum menuju sel tahanan menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Alasannya agar ia bisa concern dalam menghadapi masalah hukum yang tengah melilitnya. Selain itu, agar roda organisasi PKS bisa tetap berjalan maksimal dalam menghadapi Pemilu 2014.

"Mulai hari ini saya ajukan pengunduran diri saya sebagai Presiden PKS. Kepada Ketua Majelis Syuro agar segera diproses secara organisasi. Insyaallah PKS ada saya atau tidak akan tetap berjalan," tutur Luthfi.

Tags:

Berita Terkait