Masalah Hukum Pinjol Ilegal Hingga Rekomendasi Topik Skripsi Ilmu Perundang-undangan
Terbaru

Masalah Hukum Pinjol Ilegal Hingga Rekomendasi Topik Skripsi Ilmu Perundang-undangan

Memahami perjanjian eksklusif dan dampak tehadap persaingan usaha, masukan aliansi soal pasal penghinaan-penyerangan dalam RKUHP, dan tujuh skema yang bisa dilakukan agar sebuah jurnal ilmiah hukum dapat terbit pada DOAJ.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Masalah Hukum Pinjol Ilegal Hingga Rekomendasi Topik Skripsi Ilmu Perundang-undangan
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Selasa (15/11). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

  1. Mengenal Perjanjian Eksklusif dan Dampak Terhadap Persaingan Usaha

Perjanjian eksklusif atau disebut juga dengan perjanjian tertutup bukanlah hal yang ‘haram’ dilakukan dalam dunia bisnis. Namun perjanjian ini dibatasi lantaran berpotensi melanggar hukum persaingan usaha yang sehat.

Baca Juga:

  1. Aliansi Beri Masukan Soal Pasal Penyerangan-Penghinaan dalam RKUHP

Norma yang mengatur penyerangan terhadap harkat dan martabat presiden dan/atau wakil presiden dalam RKUHP semestinya tidak perlu dipidana penjara, tapi diubah menjadi hukuman kerja sosial selama 6 bulan. Tujuannya agar mengefektifkan jenis hukuman berupa sanksi kerja sosial dalam draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Demikian disampaikan anggota Aliansi Nasional Reformasi KUHP, Erasmus Napitupulu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Panitia Kerja (Panja) RKUHP Komisi III di Komplek Gedung Parlemen, Senin (14/11).

  1. Risiko Menunggak Utang dan Strategi Lepas Jeratan Pinjol Ilegal

Jeratan pinjaman online (pinjol) ilegal masih jadi persoalan di masyarakat saat ini. Satgas Waspada Investasi (SWI) baru saja menghentikan sembilan entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin, 88 platform pinjaman online ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat pada Oktober lalu. Penting bagi masyarakat memahami risiko menunggak pinjaman dana dari pinjol ilegal tersebut.

  1. 7 Kiat Jurnal Ilmiah Hukum Dapat Terbit di DOAJ

Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum se-Indonesia (APJHI) melalui workshop publication ethics membocorkan tujuh skema yang bisa dilakukan agar sebuah jurnal ilmiah hukum dapat terbit pada Directory of Open Access Journals (DOAJ). DOAJ merupakan salah satu website pengindeks internasional bereputasi kategori sedang yang berisi database jurnal. DOAJ sendiri bersifat open access dan tidak dipungut biaya dalam proses indeksasinya.

  1. Simak! 4 Rekomendasi untuk Topik Skripsi Ilmu Perundang-undangan

Tugas akhir merupakan kewajiban yang harus dituntaskan mahasiswa agar dapat secara resmi menyandang gelar sarjana. Tak terkecuali bagi mahasiswa di Fakultas Hukum. Terdapat berbagai topik dalam bidang hukum yang menarik untuk dijadikan topik pembahasan dalam tugas akhir berupa skripsi. Salah satu diantaranya ialah lingkup ilmu perundang-undangan yang memiliki berbagai aspek untuk diteliti.

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!  

Tags:

Berita Terkait