Melihat Persiapan KPU dalam Debat Perdana Capres-Cawapres Pemilu 2024
Melek Pemilu 2024

Melihat Persiapan KPU dalam Debat Perdana Capres-Cawapres Pemilu 2024

Tema pertama yang diangkat mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
KPU Mengadakan konferensi pers terkait persiapan Debat Calon Presiden Pemilu 2024 di Media center KPU RI, Senin (11/12) sore. Foto: RES
KPU Mengadakan konferensi pers terkait persiapan Debat Calon Presiden Pemilu 2024 di Media center KPU RI, Senin (11/12) sore. Foto: RES

Sesuai dengan pasal 275 ayat 1 UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum memfasilitasi pelaksanaan metode kampanye yang salah satunya adalah debat. Pada gelaran debat perdana, KPU telah memberikan tema debat yaitu mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Kegiatan debat merupakan salah satu metode kampanye pemilu untuk mengintegrasikan sistem demokrasi dan membantu proses pemilu yang langsung, umum, bebas, jujur, dan adil melalui penyampaian visi misi dan program kerja pasangan calon kepada publik.

“Pada dasarnya debat perdana ini merupakan kesempatan pertama oleh calon presiden dan calon wakil presiden untuk menyampaikan visi misi dan program kerja yang nantinya akan dilaksanakan di kantor KPU RI, Selasa 12 Desember 2023 pukul 19.00,’’ ujar Anggota KPU RI, August Melazz dalam konferensi pers persiapan Debat Calon Presiden Pemilu 2024 di Media center KPU RI, Senin (11/12) sore.

Baca Juga:

Sejumlah persiapan telah dilakukan KPU RI untuk debat perdana esok hari. Pelaksanaan debat akan memakan total durasi waktu 120 menit dengan 6 segmen. Pada debat tersebut juga mengikutsertakan 11 panelis yang berasal dari praktisi dan akademisi di bidang hukum dan politik serta dua moderator yang akan memimpin jalannya acara.

“Sebelum debat pertama ini, KPU telah menggelar rapat koordinasi untuk memfasilitasi panelis dan moderator dalam menjalani proses karantina dan pakta integritas dalam rangka meningkatkan komitmen, netralitas, dan integritas debat,’’ lanjut August.

Tema pertama yang diangkat mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik warga negara dan partisipasi warga negara yang menjadi pemilih nantinya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait