Menyambut Hari Kemerdekaaan RI ke-78, Ikadin Gelorakan Semangat Persaudaraan
Terbaru

Menyambut Hari Kemerdekaaan RI ke-78, Ikadin Gelorakan Semangat Persaudaraan

Advokat menjadi bagian penting dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Semarak kegiatan bertema 'Ikadin Melaju Bersama Indonesia Maju' yang diselenggarakan Ikadin di Taman Softball Gelora Bung Karno, Sabtu (12/08). Foto: istimewa.
Semarak kegiatan bertema 'Ikadin Melaju Bersama Indonesia Maju' yang diselenggarakan Ikadin di Taman Softball Gelora Bung Karno, Sabtu (12/08). Foto: istimewa.

Jelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 berbagai kalangan menyelenggarakan kegiatan untuk merayakan hari bersejarah yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) merupakan salah satu organisasi profesi advokat yang antusias menyambut perayaan hari kemerdekaan RI. Buktinya, Ikadin dan Women Lawyers Ikadin menyelenggarakan kegiatan bertema Ikadin Melaju Bersama Indonesia Maju.

 

Ketua Umum DPP Ikadin, Adardam Achyar, mengatakan kegiatan ini disambut gembira anggota Ikadin. Perwakilan Ikadin dari berbagai daerah hadir membawa semangat persaudaraan, kebersamaan, dan kekompakan dalam menyuarakan perjuangan. “Semangat kita advokat menjadi bagian penting dalam pembangunan bangsa sebagaimana tujuan para founding fathers bangsa ini,” katanya dalam pidato pembukaan acara Perayaan Menyambut Hari Kemerdekaan RI bertema Ikadin Melaju Bersama Indonesia Maju yang diselenggarakan Ikadin di Taman Softball Gelora Bung Karno, Sabtu (12/08).

 

Adardam mengatakan perhelatan jelang hari kemerdekaan RI ke-78 ini 90 persen diinisiasi oleh advokat perempuan anggota Ikadin. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada advokat perempuan anggota Ikadin atas sumbangsih yang telah diberikan. Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk perwakilan Ikadin daerah yang sudah hadir dalam acara yang meriah itu, seperti perwakilan dari Ikadin Palembang, Surabaya, Banjarmasin, Bandung, Subang, Cianjur, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, dan lainnya.

 

Pada akhir pidatonya, Adardam mengatakan, ia merasakan semangat revolusi ketika menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Momen tersebut mengingatkan pentingnya peran advokat dalam menegakkan hukum dan keadilan secara jelas dan kongkret. “Semoga acara ini memberikan kemaslahatan bagi anggota Ikadin, dan penegakan hukum agar sesuai cita-cita pendiri bangsa,” harapnya.

 

Ada banyak kegiatan yang digelar dalam acara tersebut mulai dari donor darah, konsultasi hukum gratis, berbagai lomba seperti balap karung, balap kelereng, balap bakiak, makan kerupuk, tarik tambang, serta acara hiburan. Ikadin juga menyediakan konter untuk usaha mikro, dan kecil (UMK) serta anggota Ikadin yang menjajakan beragam makanan dan minuman.

 

Peserta yang hadir bersuka ria mengikuti perlombaan yang ada. Bahkan jajaran pengurus Ikadin juga ikut meramaikan perlombaan, seperti balap kelereng yang diikuti Ketua Ikadin, Adardam Achyar; Sekjen Ikadin, Rivai Kusumanegara, dan lainnya.

 

Sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan Indonesia sekaligus mengingat jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang, rangkaian acara itu juga diisi pembacaan puisi oleh advokat Ikadin,  Kaspudin Nur. Puisi karya Chairil Anwar berjudul Karawang-Bekasi dibacakan secara apik dan menjiwai. Setiap kata dan kalimat disuarakan lantang dan penuh makna.

Tags:

Berita Terkait