Panglima TNI Baru Canangkan 4 Program Prioritas
Terbaru

Panglima TNI Baru Canangkan 4 Program Prioritas

Mulai akselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam setiap penugasan dilandasi profesionalisme dan jiwa yang tangguh hingga memantapkan implementasi reformasi birokrasi di tubuh TNI.

Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Ketua DPR Puan Maharani bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono usai rapat paripurna, Selasa (13/12/2022). Foto: RES
Ketua DPR Puan Maharani bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono usai rapat paripurna, Selasa (13/12/2022). Foto: RES

Secara resmi, DPR memberikan persetujuan terhadap Jenderal Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa purna bhakti. Secara bulat seluruh fraksi dan anggota dewan yang hadir serempak memberi persetujuan atas pemberhentian Jenderal Andika Perkasa dan penetapan pengangkatan Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

“Apakah laporan Komisi I atas hasil uji kelayakan calon Panglima TNI tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI dan persetujuan untuk penetapan pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dapat disetujui?” ujar Ketua DPR Puan Maharani saat pemimpin rapat paripurna di komplek Gedung Parlemen, Selasa (13/12/2022).

Puan mengatakan setelah penetapan pengangkatan, tahap berikutnya Yudo menanti pelantikan oleh presiden di istana merdeka. Tapi, sejumlah pekerjaan rumah TNI di tiga matra amat banyak.  Dia berharap TNI di bawah kepemimpinan Yudo Margono menjadikan tentara di tiga matra menjadi lebih solid, berintegritas, dan menyatu dengan rakyat, serta dapat bersinergi dengan Polri dalam melaksanakan tugasnya mengayomi masyarakat.

Baca Juga:

Menanggapi banyaknya harapan publik, Laksamana Yudo Margono mengaku bakal melanjutkan berbagai program yang telah dijalankan Jenderal Andika Perkasa saat memimpin TNI. Menurutnya, sebagai pucuk pimpinan di TNI nantinya setelah dilantik bakal menjalankan kewajibannya sesuai kehendak rakyat dengan penuh tanggung jawab.

Ada 4 hal yang menjadi prioritas yang bakal dilakukan di masa kepemimpinanya satu tahun ke depan. Pertama, akselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam setiap penugasan dengan dilandasi profesionalisme dan jiwa yang tangguh. Menurutnya, mengembangkan kemampuan dan kompetensi SDM TNI menjadi hal utama. Karenanya, menjadikan SDM yang profesional di tubuh TNI menjadi keharusan.

“Tanpa itu semua akan sulit diwujudkan. Dengan SDM yang profesional, kita akan melanjutkan tugas-tugas tadi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait