Pemerintah Perkuat LKS Tripartit Nasional
Berita

Pemerintah Perkuat LKS Tripartit Nasional

Presiden setuju anggaran LKS Tripartit Nasional ditingkatkan.

ADY
Bacaan 2 Menit
Pemerintah Perkuat LKS Tripartit Nasional
Hukumonline

Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan pemerintah akan fokus memperkuat LKS Tripartit Nasionaldalam rangka menciptakan hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan. Dari pertemuan antara Presiden SBY dengan pimpinan serikat pekerja dari berbagai konfederasi di Istana Negara kemarin, Muhaimin mengatakan Presiden pun sepakat LKS Tripnas diperkuat. Bahkan, Presiden menyetujui usulan serikat pekerja yang ingin anggaran operasional untuk LKS Tripnas ditingkatkan.

Presidenjugaakan menggelar pertemuan rutin dengan pimpinan serikat pekerja minimal setahun dua kali yaitu bulan Mei dan Oktober. Namun, dalam menjabarkan instruksi Presiden SBY itu Muhaimin mengatakan Kemenakertrans akan merancang dalam pertemuan rutin itu akan melibatkan perwakilan organisasi pengusaha dan tak menutup kemungkinan pemangku kepentingan lainnya.

“Tripartit ditarik sampai ke Istana Negara, begitulah cita-cita kita nanti tahun depan bisa dilaksanakan,” katanya dalam forum silaturahmi di kantor Kemenakertrans Jakarta, Selasa (30/4).

Dengan meningkatkan anggaran Muhaimin berharap dapat mendorong kinerja LKS Tripnas yang terdiri dari perwakilan pemerintah, serikat pekerja dan pengusaha. Oleh karenanya Muhaimin yakin dengan LKS Trpinas yang kuat, penyelesaian masalah hubungan industrial dapat diselesaikan secara cepat. Sekalipun persoalan terkait ketenagakerjaan masih ada masalah dan serikat pekerja melakukan demonstrasi, Muhaimin tak ragu kalau aksi tersebut akan berlangsung dengan baik.

Bahkan Muhaimin mengatakan Presiden SBY menyebut demonstrasi yang kerap dilakukan serikat pekerja selalu kondusif. Oleh karena itu Muhaimin menyampaikan bahwa Presiden memberi penghargaan atas aksi yang dilakukan pekerja karena menunjukan kematangan proses berdemokrasi. Presiden mengaku dalam pertemuan dengan serikat pekerja kemarin, merasa lebih tenang berdialog dengan serikat pekerja ketimbang kelompok masyarakat lain. “Saya bersyukur dan berterimakasih terhadap pimpinan serikat pekerja yang konsisten dengan ide, gagasan dan tema perjuangan yang tidak pernah menyeleweng dari cita-cita kepentingan nasional,” tegasnya.

Tak ketinggalan Muhaimin mengapresiasi sikap APINDO yang kembali bergabung ke dalam LKS Tripnas. Pasalnya, beberapa waktu lalu APINDO sempat absen karena serikat pekerja kuat melakukan gerakan yang mampu mempengaruhi keadaan. Selaras dengan itu Muhaimin mengingatkan sudah banyak agenda yang mesti dilaksanakan segera di LKS Tripnas. Mulai dari membahas regulasi, penyelesaian kasus dan lain sebagainya.

Untuk memperjelas posisi keterwakilan serikat pekerja dalam Tripartit, Muhaimin menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengagendakan pelaksanaan verifikasi terhadap serikat pekerja. Sehingga dapat diketahui mana serikat pekerja yang layak untuk mewakili anggotanya dalam LKS Tripartit. Pasalnya, proses verifikasi itu akan berdampak pada efektifitas proses pembahasan yang dilakukan di LKS Tripartit untuk menghasilkan solusi yang cepat atas masalah yang dihadapi. Dalam pelaksanaannya nanti secara teknis Disnakertrans akan dilibatkan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait