Pentingnya Relasi dan Penguasaan Spesialisasi bagi Pengembangan Suria Nataadmadja & Associates
Hukumonline's Top 100 Law Firms Ranking 2023

Pentingnya Relasi dan Penguasaan Spesialisasi bagi Pengembangan Suria Nataadmadja & Associates

41 tahun berkiprah di dunia hukum, baik litigasi maupun korporasi, law firm Suria Nataadmadja & Associates (SNA) membagikan pengalaman dan kiat bagi law firm lain untuk sukses menjalankan dan mengembangkan kantor.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 5 Menit
Pentingnya Relasi dan Penguasaan Spesialisasi bagi Pengembangan Suria Nataadmadja & Associates
Hukumonline

Ada beragam cara untuk meminimalkan risiko yang bisa timbul karena mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu terbatas. Suria Nataadmadja & Associates (SNA), law firm yang memiliki layanan jasa hukum baik di bidang litigasi maupun korporasi, memiliki strategi untuk menghadapi hal ini. Bagi lawyer litigasi, tantangan tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan dua langkah mendasar: membuat perencanaan dengan deadline jelas dan mengomunikasikan setiap tahapannya secara aktif dengan klien. Tujuannya semata agar kedua belah pihak dapat memahami urgensi dan perkembangan masing-masing.

 

Bagi Partner di Kantor Hukum SNA, Chandra A. Nataadmadja, S.H., M.H., M.B.A., pada praktiknya, proses berkomunikasi dengan klien bisa saja menemukan sejumlah tantangan. Misalnya, tantangan untuk menjelaskan jadwal persidangan yang kadang kala tidak menentu atau menyampaikan ada bukti yang kurang kuat untuk merespons tanggapan lawan. Ditambah lagi, jika situasi makin kompleks karena harus melibatkan banyak pihak.

 

Dari sisi internal, lawyer litigasi juga harus beradaptasi dengan ritme, etos, bahkan jam kerja antartim yang terlibat. Ketiga hal tersebut dapat menentukan durasi pemberian report kepada klien yang masih harus diselaraskan dengan hasil laporan tim lain. Ini belum termasuk jika ada pencatatan pembukuan, neraca, aset, list kreditor atau debitor, atau dokumen lain yang tidak lengkap, sehingga tim harus melengkapi pencatatan atau bahkan melakukan pencatatan ulang.

 

“Selama berpraktik di dunia litigasi, SNA telah terlibat aktif dalam diskusi dengan instansi pemerintah terkait—yang memungkinkan SNA memiliki pemahaman komprehensif terhadap framework berbagai transaksi ataupun prosedur hukum lainnya di Indonesia. Dengan demikian, SNA dapat memberikan advice dan respons yang cepat, jika terdapat hambatan dalam proses transaksi atau prosedur hukum tersebut,” ujar Chandra.

 

Tak Sekadar Memberi Solusi, tetapi Juga Peduli terhadap Klien

“We first identify the issues and the corresponding regulations. Next, we conduct a comprehensive analysis of these issues. Subsequently, we offer effective and tailored solutions to address them. Finally, we diligently execute these solutions to achieve the desired outcomes.”

 

Ada harapan yang besar dari klien, ketika ia memutuskan untuk datang dan menggunakan jasa hukum. Yang paling umum: menang atas suatu sengketa. Hal ini tidak salah, tetapi kurang tepat, karena menurut Chandra, hal terpenting adalah memahami prosesnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari prosedur yang sedang dijalankan.

 

Sebagai law firm yang juga dinobatkan sebagai 'Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firms 2023', SNA selalu memberikan penjelasan mengenai alur perkara/transaksi dan alternatif solusi kepada klien. Melalui metode ini, Chandra berharap dapat mengedukasi klien dan menambah wawasannya, sehingga mereka juga dapat memutuskan pilihan langkah hukum terbaik berdasarkan situasi yang sedang dihadapi. Terdiri atas tim dengan area praktik dan spesialisasi di berbagai bidang, komposisi ideal SNA ini ditujukan agar klien dapat memperoleh cara pandang ekstensif dari berbagai perspektif dan tidak terpaku dengan satu alternatif saja.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait