Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin Klaim Didukung Ribuan Advokat
Melek Pemilu 2024

Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin Klaim Didukung Ribuan Advokat

Telah terbentuk di 33 provinsi di Indonesia. Bakal mengawal berjalannya pemilu yang jujur dan adil.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 9 Menit
Sejumlah advokat dan tokoh hadir dalam deklarasi Tim Hukum Nasional pasangan capres-cawapres Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Jakarta, Senin (27/11/2023). Foto: RES
Sejumlah advokat dan tokoh hadir dalam deklarasi Tim Hukum Nasional pasangan capres-cawapres Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Jakarta, Senin (27/11/2023). Foto: RES

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi kontestasi pemilihan umum (Pemilu) 2024. Salah satunya membentuk tim pemenangan termasuk tim khusus yang menangani bidang hukum. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) misalnya, mendeklarasikan Tim Hukum Nasional (THN) yang diklaim didukung lebih dari 1.000-an advokat dan tokoh senior di bidang hukum.

THN AMIN dipimpin advokat senior Ari Yusuf Amir sebagai Ketua Umum dan Thorik Thalib sebagai Sekretaris Jenderal. Sejumlah pakar, ahli, dan praktisi hukum juga mengisi kepengurusan organisasi THN AMIN. Seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva sebagai Ketua Dewan Penasihat.

Sedangkan anggota dewan penasihat ada nama advokat senior seperti Ahmad Yani, Hotma Sitompul, dan Taufik Basari (anggota Komisi III DPR). Ketua Dewan Pengarah diampu H Muhammad Prasetyo (mantan Jaksa Agung), dan Wakilnya Komjen Pol (Purn) H Susno Duadji. Sedangkan Ketua Dewan Pakar diampu Prof Ni’matul Huda (Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia). Sedangkan anggotanya ada Prof Nandang Sutrisno, Prof Eggi Sudjana, dan Refly Harun.

Ketua Dewan Penasihat THN AMIN Hamdan Zoelva membacakan deklarasi pembentukan THN AMIN yang memuat sejumlah hal. Antara lain tim yang terdiri dari advokat, ahli hukum, dan pecinta keadilan dibentuk guna menghadapi perhelatan pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Tim bekerja secara profesional dan sungguh-sungguh mengawal kepentingan hukum pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Kami tidak takut menghadapi ancaman, tekanan, dan intimidasi dalam berbagai bentuk. Tidak mentoleransi kecurangan dalam bentuk apapun demi tegaknya muruah pemilu,” kata Hamdan membacakan deklarasi THN AMIN di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Baca juga:

Hukumonline.com

Ketua Dewan Penasihat Tim Hukum Nasional AMIN Hamdan Zoelva. Foto: RES

Mantan Ketua MK itu mengatakan THN AMIN akan melakukan advokasi dan pendampingan terhadap seluruh relawan, saksi, dan masyarakat luas agar kecurangan dalam pemilu ditindak tegas. Sekaligus mengawal dan memastikan tahapan pilpres berjalan dengan benar, jujur, dan adil. Serta mengajak seluruh anak bangsa bersinergi dan aktif mengawal pilpres untuk melahirkan pemimpin bermartabat, bermoral dan tidak cacat konstitusi.

Tags:

Berita Terkait