Ini 50 Kampus Hukum Terbaik Sedunia Tahun 2021
Berita

Ini 50 Kampus Hukum Terbaik Sedunia Tahun 2021

Peringkat pertama dengan skor 99,9 diduduki Harvard University, Amerika Serikat. Di peringkat kedua dan ketiga yakni University of Oxford, Inggris dan University of Cambridge, Inggris.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Kampus Harvard University. Foto: http://alumni.harvard.edu/
Kampus Harvard University. Foto: http://alumni.harvard.edu/

Sebelum menjadi profesional di bidang hukum, seperti advokat, hakim, jaksa, kurator, dan lainnya, ada beragam persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya telah meraih gelar sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum. Ada banyak kampus hukum di Indonesia dan di luar negeri. Tapi dari semua kampus yang ada di seluruh dunia, manakah diantaranya yang terbaik?

Sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelayanan pendidikan tinggi, Quacquarelli Symonds (QS) telah melakukan pemeringkatan terhadap kampus terutama bidang studi hukum (law and legal studies) yang ada di berbagai negara. Sebagaimana dilansir di laman topuniversities.com, QS, perusahaan yang berbasis di London Inggris itu merangkum sedikitnya 50 kampus hukum terbaik di dunia tahun 2021.

Peringkat pertama dengan skor 99,9 diduduki Harvard University, Amerika Serikat. Tapi, untuk kategori peringkat kampus terbaik sedunia, Harvard University menduduki peringkat 3. Dengan menyandang status kampus swasta, jumlah penelitian yang dihasilkan tergolong sangat tinggi, rasio pelajar per fakultas sebanyak 5, jumlah pelajar internasional 5.815(Baca Juga: Harvard University, Sekolah Hukum Terbaik Dunia 2016)

Peringkat kedua dengan skor 96,7 diraih University of Oxford, Inggris. Tapi, untuk peringkat kampus terbaik sedunia, Universitas Oxford ini menduduki peringkat 5. Kampus ini berstatus publik dan menghasilkan penelitian dalam jumlah yang sangat tinggi, dengan rasio pelajar per fakultas sebanyak 3, jumlah pelajar internasional sebanyak 8.259.

Peringkat ketiga dengan skor 96,4 ditempati University of Cambridge, Inggris. Tapi untuk peringkat kampus terbaik sedunia Universitas Cambridgeberada di posisi 7. Universitas Cambridge berstatus publik, dengan jumlah hasil penelitian sangat tinggi, rasio pelajar per fakultas sebanyak 3, jumlah pelajar internasional 7.595.

Peringkat keempat dengan skor 94 diduduki Yale University di New Haven, Amerika Serikat. Untuk kategori kampus terbaik sedunia Yale University berada di peringkat 17. Berstatus kampus swasta, Yale University menghasilkan penelitian dengan kategori sangat tinggi, dengan rasio pelajar per fakultas sebanyak 3, jumlah pelajar internasional 2.788.

Peringkat kelima dengan skor 92,4 diampu Stanford University di Stanford, Amerika Serikat. Stanford University menduduki peringkat 2 untuk kategori kampus terbaik sedunia. Stanford University berstatus swasta dengan jumlah penelitian tergolong sangat tinggi, dengan rasio pelajar per fakultas sebanyak 4, jumlah pelajar internasional 3.665.

Tags:

Berita Terkait