Info Hukumonline

Pendekatan Hukum dan Strategi dalam Persiapan dan Prosedur IPO di Indonesia

Webinar ini bertujuan untuk memahami aspek-aspek hukum dalam persiapan proses IPO.
Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Pendekatan Hukum dan Strategi dalam Persiapan dan Prosedur IPO di Indonesia
Pendekatan Hukum dan Strategi dalam Persiapan dan Prosedur IPO di Indonesia

Ketatnya persaingan bisnis menyadarkan para pelaku usaha untuk memperluas pasar. Tetapi sering kali perusahaan dihadapkan pada masalah kekurangan modal serta manajemen yang lemah dari perusahaan. Untuk memecahkan masalah yang dihadapi, go public merupakan jalan keluar, yaitu dengan melakukan penawaran umum perdana saham kepada publik (Initial Public Offering atau IPO).

Tentu, pelaksanaan IPO yang berjalan lancar menjadi harapan dari tiap perusahaan yang ingin go public. Atas dasar itu, penting bagi pelaku bisnis memahami teknis dan persiapan dalam melakukan IPO. Oleh karenanya, kantor hukum William & Hendrik Attorneys and Counsellor at Law bersama Hukumonline.com akan menyelenggarakan Webinar Hukumonline 2021 bertema, “Pendekatan Hukum dan Strategi dalam Persiapan dan Prosedur IPO (Initial Public Offering) di Indonesia” yang akan diadakan pada Kamis, 23 September 2021 melalui Platform Zoom Webinar.

Materi dalam yang akan dibahas dalam webinar ini adalah mengenai aspek-aspek hukum dalam persiapan internal, penyusunan prospektus perusahaan, Due Diligence Meeting (DDM), perancangan perjanjian emisi untuk penawaran umum, mekanisme dalam penawaran umum, pencatatan saham perdana, dan Best Practice perusahaan dalam melakukan IPO. Selain itu akan dibahas pula permasalahan hukum yang dapat terjadi ketika proses IPO, seperti mitigasi risiko dalam mengatasi permasalahan dalam IPO dan studi kasus.

Dalam webinar ini akan hadir tiga pembicara kompeten dari William & Hendrik Attorneys and Counselors at Law yang siap memberikan edukasi mengenai aspek hukum dalam prosedur IPO. Para pembicara tersebut ialah Hendrik Silalahi selaku Managing Partner, Rudy Kusmanto selaku Senior Counsel, dan Kanya Hasibuan selaku Senior Associate.

Kami membuka pendaftaran webinar ini bagi yang berminat. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tempat terbatas, first come first served! Jika Anda tertarik, silahkan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Hukumonline.com

William & Hendrik Attorneys and Counselors at Law adalah firma hukum korporat, pasar modal, dan litigasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan beragam layanan hukum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan klien nasional dan internasional kami. William & Hendrik Attorneys and Counselors at Law telah menerima berbagai penghargaan dan pemeringkatan untuk transaksi pasar modal dari Hukumonline selama tiga tahun berturut-turut.

Hukumonline.com

Kolase ki-ka: Hendrik Silalahi, Rudy Kusmanto, Kanya Hasibuan.

Pada tahun 2021, William & Hendrik Attorneys and Counselors at Law berhasil menduduki peringkat pertama di antara nominasi berdasarkan jumlah total transaksi IPO yang ditangani selama tahun 2020 dan peringkat ketiga berdasarkan total nilai emisi IPO pada tahun yang sama.

Sebagaimana diketahui, penawaran umum perdana saham yang dilakukan oleh perusahaan dapat membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dana yang terjadi akibat berkembangnya perusahaan. Perusahaan tertutup yang melakukan IPO akan berubah statusnya menjadi perusahaan terbuka.

Perubahan status tersebut menimbulkan berbagai konsekuensi, di antaranya adalah adanya kewajiban untuk menyampaikan laporan kepada publik dan juga kepada regulator, termasuk di dalamnya adalah investor, masyarakat, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, perubahan status juga menimbulkan tuntutan pemisahan antara pemilik dan manajemen perusahaan. Atas dasar itu, penting bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh seluk beluk mengenai IPO dengan mengikuti webinar ini.

Berita Terkait