Dapatkah Teknik Fotografi Dilindungi Kekayaan Intelektual?

Bacaan 9 Menit
Dapatkah Teknik Fotografi Dilindungi Kekayaan Intelektual?
Pertanyaan

Karya Fotografi merupakan objek yang dilindungi oleh Hak Cipta. Dalam hal ini, suatu karya fotografi yang bagus dihasilkan dengan suatu teknik foto yang bagus tidak semua fotografer menghasilkan foto yang bagus harus beberpa kali mengubah atau mengutakngatik teknik foto untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Apakah suatu teknik fotografi dalat dilindungi oleh HKI apabila sautu teknik foto tersebut dirasakan sangat bermanfaat dan bernilai komersial dan teknik fotografi dapatkah dilindungi oleh Paten tau Rahasia Dagang.

Intisari Jawaban
?
Karya fotografi memang termasuk dalam salah satu jenis Ciptaan yang dilindungi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Namun bagaimana dengan teknik fotografi?
?
Jenis-jenis hak kekayaan intelektual yang dilindungi dalam hukum kekayaan intelektual di Indonesia adalah :
  1. Hak Cipta;
  2. Merek;
  3. Paten;
  4. Desain Industri;
  5. Indikasi Geografis;
  6. Rahasia Dagang;
  7. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu.
?
Merujuk kepada pertanyaan Anda mengenai apakah teknik fotografi dapat dilindungi oleh HKI, maka kita harus melihat objek perlindungan dari masing-masing jenis hak kekayaan intelektual tersebut di atas.
?
Contoh perlindungan hak cipta dalam bentuk nyata adalah begini. Jika teknik fotografi yang Anda miiliki dituangkan dalam bentuk tertulis kemudian dijadikan sebuah buku, maka buku tersebut yang memiliki perlindungan hak cipta. Apabila Anda membuat video tentang teknik fotografi, maka videonya yang memiliki perlindungan hak cipta. Tekniknya sendiri mungkin bisa dikatakan adalah sebuah ide yang wujud nyatanya adalah karya fotografi.
?
Setelah melihat objek dan syarat perlindungan beberapa jenis hak kekayaan intelektual, maka dapat kita simpulkan bahwa teknik fotografi tidak dapat dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.