Bolehkah Pemerintah Menolak Orang Asing dari Wilayah Terjangkit COVID-19?

Bacaan 7 Menit
Bolehkah Pemerintah Menolak Orang Asing dari Wilayah Terjangkit COVID-19?
Pertanyaan
Saat ini, masyarakat sedang was-was akibat wabah virus corona yang melanda Cina yang tampaknya mulai menyebar ke negara lain. Tapi saya lihat, pemerintah tampak kurang serius untuk mencegah agar persebaran virus ini tak sampai ke Indonesia. Misalnya, wisatawan Cina masih saja disambut di bandara. Sebenarnya, boleh tidak pemerintah mencegah warga negara asing dari daerah yang terkena wabah penyakit menular untuk masuk ke Indonesia?
Intisari Jawaban
Pada dasarnya, menurut ketentuan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, pejabat imigrasi menolak orang asing masuk wilayah Indonesia, salah satunya, karena orang asing tersebut menderita penyakit menular yang membahayakan kesehatan umum.
 
Guna mendeteksi penyebaran penyakit menular dari luar negeri, pengawasan keimigrasian melalui bandar udara dilakukan dengan menerapkan sistem pengawasan keimigrasian dalam bentuk sistem teknologi Civil Aviation Security and International Passenger Security Services (“CAIPSS”). Penggunaan sistem CAIPSS dilakukan terhadap lalu lintas setiap orang yang keluar dan masuk wilayah Indonesia.
 
Namun demikian, melalui Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia telah melarang sementara orang asing untuk memasuki/transit di wilayah Indonesia.
 
Penjelasan selengkapnya dapat Anda klik ulasan di bawah ini.