Hukumonline Advanced Search Resmi Diluncurkan
Berita

Hukumonline Advanced Search Resmi Diluncurkan

Kini lebih mudah untuk mengakses dan mencari data peraturan perundang-undangan, tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu umtuk memastikan apakah peraturan tersebut sudah di ubah atau dicabut oleh peraturan yang lebih baru.

CR-23
Bacaan 2 Menit
Direktur Bisnis Hukumonline Ahadi Bayu Tejo (kiri) bersama Chief Operating Officer Dattabot Tom Malik (kanan) saat meresmikan peluncuran
Direktur Bisnis Hukumonline Ahadi Bayu Tejo (kiri) bersama Chief Operating Officer Dattabot Tom Malik (kanan) saat meresmikan peluncuran "Hukumonline Advanced Search" di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (1/3).
Hukumonline Advanced Search resmi diluncurkan. Fitur ini merupakan hasil kolaborasi antara Hukumonline dengan Dattabot, sebuah perusahaan teknologi Analisis Big Data. Fitur baru ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan mahadata (Big Data). Peluncuran dilakukan di Ballroom Hotel Le Meridien Jakarta , Rabu (1/3)

Direktur Bisnis Hukumonline, Ahadi Bayu Tejo, mengatakan kerja sama dengan Dattabot merupakan tahapan baru bagi hukumonline. Menurutnya, inovasi ini akan memberikan tambahan-tambahan fitur baru untuk masyarakat Indonesia, terutama bagi para pengguna hukumonline.

“Dengan hasil pencarian Hukumonline Advanced Search, pengguna dapat langsung mengetahui suatu peraturan masih berlaku atau telah diubah maupun dicabut oleh peraturan yang lebih baru atau putusan pengadilan,” kata Bayu saat launching Hukumonline Advanced Search. (Baca Juga: Dengan Teknologi Big Data, Pencarian Peraturan Semakin Mudah dan Akurat)

Ia mengatakan, fitur Hukumonline Advanced Search ini merupakan bentuk kesungguhan hukumonline dalam melayani pengguna dengan cara memanfaatkan teknologi canggih ke dalam basis data hukum. “Terima kasih sebesar-besarnya kepada Dattabot yang sudah bahu-membahu bersama hukumonline yang mewujudkan inovasi ini,” katanya.

Di tempat yang sama, Tom Malik, Chief Operating Officer Dattabot, turut mengapresiasi kerja sama dengan hukumonline yang dilihatnya sebagai perusahaan yang memilik database hukum lengkap. Menurutnya, kerja sama ini merupakan salah satu step bagi Dattabot dimana kliennya selama ini tak ada hubungannya dengan hukum.

“Tapi sekarang kami melakukan terobosan ini. Kerja sama ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, karena hukumonline merupakan referensi informasi hukum yang paling lengkap di Indonesia,” tutur Tom.

Hukumonline Advanced Search juga dilengkapi himpunan (library) alias atau judul popular suatu peraturan. Fitur alias ini memungkinkan pengguna hukumonline untuk menggunakan bahasa hukum sehari-hari, termasuk singkatan populer seperti UU, PP, Perpu dalam melakukan pencarian.

Dengan teknologi analisis data, berhasil digabungkan informasi dari 30.000 dokumen hukum dalam pusat data milik hukumonline berdasarkan kata kunci dan relevansi. Intinya, baik hukumonline maupun Dattabot, sama-sama berhasil membangun sebuat pusat pengetahuan pintar yang memahami hubungan antar peraturan perundangan di Indonesia. (Baca Juga: Revolusi Data untuk Rumuskan Kebijakan Publik)

“Informasi-informasi ini data diakses oleh mesin pencarian dan rekomendasi dengan tampilan yang ramah pengguna,” ujar Tom.

Saat ini Hukumonline Advanced Search masih dalam versi Beta, sehingga masih ada beberapa kekurangan. Meski begitu, inovasi dari sisi kecepatan, ketepatan dan kemudahan menjadi prioritas dalam fitur ini. Hukumonline dan Dattabot masih akan mengembangkan sejumlah inovasi lainnya, termasuk memberikan kemudahan dalam mencari dan meriset putusan pengadilan.

Salah satu pelanggan setia hukumonline, Yeni Fatmawati mengatakan, dari awal saya tahu hukumonline tahun 2002 memudahkan saya dalam bekerja di bidang legal drafting. “Saya inget banget dahulu masih sangat sederhana tapi membantu sekali, setiap saya pindah di beberapa perusahan, saya selalu membutuhkan hukumonline, I grow together with hukumonline,” katanya.

Ia mengatakan, semakin hari hukumonline terus berkembang. Ditambah lagi, diluncurkannya fitur baru Hukumonline Advanced Search, yang dipercaya bisa semakin mendukung kinerjanya. (Baca Juga: Yeni Fatmawati: Lawyer, Runner dan Produser)

“Masalah dalam mencari referensi biasanya agak susah kan, sekarang tidak lagi karena ada Hukumonline Advanced Search. Ini menarik sekali dan bagus banget untuk lawyer dan profesi lain yang membutuhkan. Sukses untuk hukumonline,” ujar Yeni yang sekarang menjabat sebagai Managing Partner di ICLaw ini.
Tags:

Berita Terkait