Cara ALSA LC UI Dorong dan Tingkatkan Literasi Berbahasa Inggris Bagi Anggota
Terbaru

Cara ALSA LC UI Dorong dan Tingkatkan Literasi Berbahasa Inggris Bagi Anggota

Sebagai cara untuk memperkaya kosakata dalam istilah bahasa Inggris yang sering digunakan dalam dokumen hukum dan hal yang berkaitan dengan legal english literacy.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Asian Law Students Association Local Chapter Universitas Indonesia (ALSA LC UI) saat mengunjungi Hukumonline, Kamis (30/11). Foto: Istimewa
Asian Law Students Association Local Chapter Universitas Indonesia (ALSA LC UI) saat mengunjungi Hukumonline, Kamis (30/11). Foto: Istimewa

Mahasiswa hukum sedikit banyaknya bergelut setiap harinya dengan berbagai dokumen termasuk dokumen dalam bahasa Inggris. Pembuatan dokumen tersebut sebaiknya harus diiringi dengan pemahaman atas dokumen hukum yang tertulis dalam bahasa Inggris.

Terkait hal tersebut, Asian Law Students Association Local Chapter Universitas Indonesia (ALSA LC UI) bersama Hukumonline menghelat ALSA English Workshop 2023 yang merupakan acara berbentuk workshop mengenai literasi hukum berbahasa Inggris. 

“Sebagai mahasiswa hukum, kita akan dihadapkan pada berbagai kasus hukum sebagai calon praktisi hukum. Untuk menyelesaikan kasus hukum ini, penting untuk memiliki keterampilan pemahaman bacaan yang kuat. Kita tahu bahasa Inggris adalah bahasa Internasional dan sangat berguna bagi kehidupan kita sebagai mahasiswa ke depannya. Harapannya kegiatan ini dapat dimaksimalkan dengan baik,” ujar Sabrina Hana Anata selaku Project Officer ALSA English Workshop 2023, Kamis (30/11).

Baca juga:

Pentingnya memiliki keterampilan literasi hukum bagi mahasiswa hukum ini juga terkait dengan teknik atau metode yang digunakan dalam memeriksa dan mengekstrak informasi yang relevan dari dokumen hukum berbasis bahasa Inggris. 

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai cara untuk memperkaya kosakata dalam istilah bahasa Inggris yang sering digunakan dalam dokumen hukum, serta materi lainnya yang disampaikan dan berkaitan dengan legal english literacy.

“Salah dua dari pillar ALSA LC UI adalah membantu anggotanya membentuk sifat-sifat yang tercermin dalam pilar ALSA, yaitu berkomitmen secara akademis dan terampil secara hukum. Melalui hal itu, hari ini kita akan berbicara mengenai legal english literacy dan pentingnya hal itu bagi kita kedepannya,” sambung Jonathan Mario selaku Director ALSA LC UI menambahkan.

Tags:

Berita Terkait