Utama

Inilah Besaran Gaji In House Counsel Indonesia Tahun 2019 dan Proyeksi 2020

Bersaing ketat dengan gaji corporate lawyer. Namun pengalaman bekerja di law firm menjadi nilai tambah penting untuk sukses berkarier in house counsel.

Oleh:
Norman Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi gaji in house counsel. Ilustrator: HGW
Ilustrasi gaji in house counsel. Ilustrator: HGW

Besarnya gaji in house counsel kerap dibandingkan dengan besaran yang diterima lawyer di firma hukum. “Salary Survey  2020- Greater China & South East Asia” oleh Robert Walters merilis besar gaji Legal Director/General Counsel mencapai Rp2,2miliar per tahun. Sementara gaji posisi terendah sebagai Legal Officer setara dengan yang diperoleh associate di law firm sebesar Rp29juta per bulan.

 

Robert Walters menganalisis 3000 kandidat yang pernah mereka tempatkan secara kualitatif. Data yang digunakan adalah hasil penempatan permanen dan disiplin perekrutan selama tahun 2019. Survei tersebut juga membuat prediksi besaran gaji di tahun 2020.

 

Albertus Pratama, konsultan Robert Walters menjelaskan bahwa profesional pemula dari fresh graduate tidak termasuk dalam hasil riset ini. Sebagian besar kandidat kami memiliki 5-20 tahun pengalaman bekerja,” jelas pria yang biasa disapa Albert ini kepada hukumonline.

 

Perusahaan jasa konsultan rekrutmen eksekutif ini menangani pencarian dan penempatan kandidat profesional berdasarkan permintaan klien. Mereka diandalkan khusus menemukan kandidat dengan kualifikasi tinggi. Hanya kandidat profesional berpengalaman yang akan masuk dalam daftar mereka.

 

Ada tiga sektor industri dengan permintaan tertinggi terhadap kandidat in house counsel selama 2019. Permintaan dari ketiga sektor ini diprediksi masih tinggi pada 2020. Masing-masing adalah online/digital start-ups, fintech, dan energy  & infrastructure. “Online atau digital start-ups ini sedang menjamur, untuk fintech juga sudah banyak yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan –red), sedangkan yang ketiga berkembang sejalan fokus kebijakan pemerintah,” Albert menjelaskan.

 

(Baca juga: Besaran Gaji Corporate Lawyer Indonesia Tahun 2019 dan Proyeksi 2020)

 

Robert Walters memiliki data yang menjangkau gaji in house counsel mulai dari posisi Legal Officer/Compliance Officer/Corporate Secretary Officer hingga yang tertinggi Legal Director/General Counsel. Survei ini fokus pada individu profesional alih-alih ukuran besarnya perusahaan. Misalnya perusahaan A dengan 200 pegawai dan B dengan 1000 pegawai, apakah di A gajinya akan lebih besar? Tidak selalu,” ujar Albert.

 

Situasi politik yang diprediksi cenderung cooling down pada tahun 2020 diprediksi akan mempengaruhi perusahaan dalam perekrutan.Dengan situasi politik yang lebih baik mungkin klien perusahaan akan lebih berani merekrut profesional,” Albert menambahkan.

Tags:

Berita Terkait