Kampus Ini Kalahkan UI Sebagai Kampus Hukum Indonesia Terbaik 2022
Terbaru

Kampus Ini Kalahkan UI Sebagai Kampus Hukum Indonesia Terbaik 2022

Versi lembaga pemeringkatan internasional SCImago Institutions Rankings, QS World University Rankings, dan THE World University Rankings.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Kampus Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya. Foto: unair.ac.id
Kampus Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya. Foto: unair.ac.id

Laporan SCImago Institutions Rankings, QS World University Rankings, dan THE World University Rankings menempatkan Fakultas Hukum Universitas Airlangga sebagai juara baru. Fakultas Hukum Universitas Indonesia tergeser dari peringkat kampus hukum terbaik Indonesia versi tiga lembaga pemeringkat internasional itu.

“Kami juga kaget dan tidak tahu ukuran penilaiannya apa saja. Saya sendiri baru melihat hasil ranking yang dari SCImago bulan ini,” kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Iman Prihandono kepada Hukumonline, Jumat (17/6/2022). Ia mengaku tidak pernah melakukan kontak khusus dengan lembaga pemeringkat independen berkaitan dengan pemeringkatan itu.

Penelusuran Hukumonline mencatat QS World University Rankings dan THE World University Rankings adalah lembaga pemeringkat kampus dunia yang berkantor di Inggris. Sedangkan SCImago Institutions Rankings berkantor di Spanyol. QS dan THE pernah bekerja sama sejak menerbitkan pemeringkatan pertama mereka tahun 2004. Sejak tahun 2010 keduanya memiliki pemeringkatan yang berdiri sendiri. SCImago mulai menerbitkan pemeringkatan pertama pada tahun 2009.

Baca Juga:

Tampak bahwa tiga lembaga itu menggunakan metode penilaian yang berbeda. Tinjauan Hukumonline pada portal masing-masing menemukan uraian serupa namun tak sama. QS mengaku penilaian kampus berdasarkan subjek ditujukan pada lima komponen penilaian yaitu Academic reputation, Employer reputation, Research citations per paper, H-index, dan International Research Network (by broad-faculty area). Elaborasi lengkap bisa dilihat di sini (https://www.topuniversities.com/subject-rankings/methodology).

THE mengaku juga menggunakan lima indicator penilaian yaitu Teaching (the learning environment), Research (volume, income and reputation), Citations (research influence), International outlook (staff, students and research), dan Industry income (innovation). Elaborasi lengkap bisa dilihat di sini(https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings-2022-subject-law-methodology). Sementara itu, SCImago mengaku menggunakan tiga indikator yaitu research performance, innovation outputs, dan societal impact measured by their web visibility. Elaborasi lengkap bisa dilihat di sini(https://www.scimagoir.com/methodology.php).

Berikut ini data peringkat dunia dari kampus hukum Indonesia berdasarkan pantauan Hukumonline di portal QS World University Rankings, THE World University Rankings, dan SCImago Institutions Rankings.

Hukumonline.com

Fakultas Hukum Universitas Airlangga termasuk salah satu fakultas hukum pionir di Indonesia. Tercatat pada tahun 1952 sebagai cabang Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sejak tahun 1954, saat Universitas Airlangga resmi berdiri, statusnya berubah menjadi satu dari tiga fakultas pertama Universitas Airlangga. Masing-masing adalah Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas dan Kedokteran Gigi. Tokoh hukum nasional yang dikenal sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Airlangga antara lain advokat Trimoelja D. Soerjadi dan mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Tags:

Berita Terkait