Kuasai 3 Hal Ini untuk Jadi In House Counsel Andal di Perusahaan
Terbaru

Kuasai 3 Hal Ini untuk Jadi In House Counsel Andal di Perusahaan

Seorang in house counsel harus memiliki kompetensi dan pengetahuan bidang hukum untuk menemukan segala macam langkah hukum yang bisa diupayakan dalam perusahaan.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Kuasai 3 Hal Ini untuk Jadi In House Counsel Andal di Perusahaan
Hukumonline

In house counsel di dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan untuk efektivitas serta efisiensi sumber daya manusia akan ahli hukum di dalam perusahaan. Selain kemampuannya dalam menghadapi permasalahan atau sengketa hukum yang ada, in house counsel juga memiliki kemampuan dalam berbisnis.

Mengenai kemampuan berbisnis dari seorang in house counsel, perlu terus menerus ditingkatkan sehingga dapat memaksimalkan potensi seorang in house counsel dalam sebuah perusahaan. 

“Peranan in house counsel di sebuah perusahaan sangatlah penting untuk zaman sekarang ini. Karena kalau kita lihat sudut pandang penanganan, salah satu tugas in house counsel itukan menyiapkan berkas beracara mewakili perusahan sebagaimana salah satu instrumennya itu adalah undang-undang perusahaan,” jelas Oktavani Taroreh selaku Head Legal & Compliance PT Asuransi Jasaraharja Putera, Rabu (2/11).

Baca Juga:

Setiap perusahaan menginginkan suatu aktivitas di perusahaan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan hukum yang ada. Untuk memastikan hal itu maka kehadiran in house counsel sangatlah penting bagi perusahaan.

Direksi perusahaan bisa mewakilkan kepentingan perusahaan kepada pegawai, salah satunya adalah in house counsel. Pertanyaannya, mengapa harus in house counsel? Karena secara proses bisnis di dalam suatu perusahaan in house lebih mengetahui.

“Sesungguhnya ada plus dan minusnya sebuah perusahaan menggunakan in house counsel. Namun terlepas dari itu, in house counsel lebih memahami proses bisnis. Contohnya di PT Jasaraharja Putera, perusahaan kami berbasis risiko sehingga in house counsel bisa melihat dan mengidentifikasi resiko dan melakukan mitigasi. Tetapi di kondisi tertentu kami juga bekerjasama dengan advokat,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait