Lulusan Hukum Mau Jadi Lawyer? Kenali Dulu Profesinya
Utama

Lulusan Hukum Mau Jadi Lawyer? Kenali Dulu Profesinya

Dalam bisnis jasa lawyer, kualitas adalah faktor penentu.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 3 Menit
Managing Partner pada kantor hukum James Purba & Partners, Jamaslin James Purba. Foto: RES
Managing Partner pada kantor hukum James Purba & Partners, Jamaslin James Purba. Foto: RES

Menjadi lawyer adalah salah satu profesi yang diidamkan oleh lulusan hukum. Sama dengan profesi lainnya, menjadi lawyer juga memiliki tantangan dalam menjalaninya. Apalagi bila ada lawyer muda (baru) yang ingin mendirikan kantor hukum sendiri. Perlu diingat, profesi lawyer adalah profesi mandiri, sama halnya dengan profesi lain seperti dokter adalah profesi yang mandiri. 

Lawyer senior Jamaslin James Purba mengatakan ada beberapa alasan mengapa lulusan hukum memilih profesi lawyer sebagai jalan hidup. Salah satunya bisa karena memang ingin menjadi lawyer atau karena sudah tidak diterima kerja di tempat lain. Meski demikian ada yang perlu diingat terkait profesi yang satu ini.

James menjelaskan lawyer prinsipnya hanya jual jasa hukum secara profesional untuk mencari nafkah. Profesi lawyer disebut mandiri karena profesi itu melakat pada pribadi, di mana dalam menjalankan profesinya tidak tergantung pada orang lain tetapi independen. Menurutnya, yang namanya jualan jasa maka tentu akan berlaku hukum ekonomi, supply and demand.

Baca Juga:

“Menurut hukum ekonomi, suatu barang atau jasa diminati (laku terjual) orang jika ada yang membutuhkan, harganya terjangkau, kualitasnya bagus,” kata Managing Partner pada kantor hukum James Purba & Partners

Demikian juga halnya dengan jasa hukum. Menurut James, profesi lawyer hanya akan bertahan jika masih ada masyarakat yang membutuhkannya. Jasa lawyer akan dicari calon-calon klien jika memiliki kualitas.  

Dalam bisnis jasa lawyer, lanjut James, kualitas adalah faktor penentu. Seperti profesi dokter misalnya, jika ada yang sakit tentu akan mencari dokter terbaik yang ahli dan punya reputasi serta punya rekam jejak banyak menyembuhkan penyakit walaupun kadang harganya lebih mahal. 

Tags:

Berita Terkait