Mengintip Persiapan Rapat Anggota Tahunan AKPI 2022
Mengintip Persiapan Rapat Anggota Tahunan AKPI 2022
Terbaru

Mengintip Persiapan Rapat Anggota Tahunan AKPI 2022

Rencananya, RAT tahun ini diselenggarakan pada 22 Agustus 2022 mendatang di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta dengan diperkirakan sekitar 700 orang akan hadir.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ketua OC Anwarsyah Tarigan dan Ketua SC RAT AKPI 2022 Fadlin Avisenna Nasution. Foto Kolase: Istimewa
Ketua OC Anwarsyah Tarigan dan Ketua SC RAT AKPI 2022 Fadlin Avisenna Nasution. Foto Kolase: Istimewa

Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) akan segera menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022. Rencananya, RAT tahun ini diselenggarakan pada 22 Agustus 2022 mendatang di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta dengan diperkirakan sekitar 700 orang akan menghadiri acara tersebut.

Sebagai agenda rutin tahunan, RAT nanti akan membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Dewan Kehormatan Profesi. Seiring masa bakti kepengurusan AKPI periode 2019-2022 berakhir, juga akan diadakan pemilihan ketua umum dan dewan kehormatan profesi periode 2022-2025 dalam RAT tersebut.

“Persiapan RAT sampai saat ini masih terus dibenahi segala persiapan yang telah dilakukan, dan panitia optimis sebelum pelaksaan RAT pada tanggal 22 Agustus 2022 segala persiapan baik dari segi teknis dan materi-materi RAT dapat dirampungkan. Namun untuk tema besar (sejauh ini masih) belum ditentukan,” ujar Ketua Organizing Committee (OC) RAT AKPI 2022 Anwarsyah Tarigan kepada Hukumonline, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga:

Sebagaimana perubahan Anggaran Dasar (AD) AKPI yang telah disahkan dalam Rapat Anggota Luar Biasa tanggal 9 Desember 2021 silam, kehadiran anggota dalam RAT 2022 di Jakarta tidak lagi bisa diwakilkan melalui surat kuasa untuk menggunakan hak suara. Dengan ketentuan bagi yang memiliki hak pilih ialah anggota aktif yang dibuktikan dengan SK Pengurus dan Kurator yang masih berlaku pada saat RAT dilaksanakan dan/atau SK Pengurus dan Kurator dalam proses perpanjangan pada Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Harapan kami dalam RAT ini seluruh anggota dapat berpartisipasi dan mensukseskan semua agenda-agenda yang telah dipersiapkan, sehingga dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang terbaik untuk kemajuan AKPI ke depan dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas kurator-kurator anggota AKPI sendiri.”

Anwarsyah berpesan bagi seluruh anggota AKPI agar mulai mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam RAT nanti dan menyesuaikan dengan AD-ART yang telah diperbaharui dan disahkan. “Karena saat ini masih dalam suasana Covid-19 diharapkan anggota juga mengikuti prokes dalam pelaksanaan RAT nantinya,” imbuhnya.

Ketua SC RAT AKPI 2022 Fadlin Avisenna Nasution melanjutkan sejauh ini persiapan RAT telah mencapai 70% dengan jajaran panitia yang sudah mempersiapkan segala hal terkait kebutuhan penyelenggaraan RAT. Sejauh ini persiapan berjalan lancar baik OC dan SC serta pengurus akan merilis tahapan, persyaratan peserta, calon ketua umum dan calon dewan kehormatan asosiasi dan jadwal-jadwal terkait tahapan penyelenggaraan RAT.

“Harapan saya terhadap penyelenggaraan RAT agar dapat dilaksanakan tepat pada waktunya, situasi Covid-19 semakin landai dan tentunya RAT diharapkan dapat menghasilkan Ketua Umum dan Dewan Kehormatan yang terbaik bagi AKPI. Sedangkan harapan saya kepada seluruh anggota AKPI agar benar-benar menggunakan hak pilihnya dengan hati nurani dan senantiasa menjaga rasa persaudaraan serta saling menghormati. Semua pihak harus menjaga keutuhan dan kekompakan dalam bingkai kesatuan AKPI.”

Tags:

Berita Terkait