Mengintip Strategi Pengembangan Regulasi Industri Kreatif Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud
Terbaru

Mengintip Strategi Pengembangan Regulasi Industri Kreatif Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud

Ada delapan gagasan yang ditawarkan.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 4 Menit
Anggota Tim Khusus 8, Mohamad Kadri. Foto: RES
Anggota Tim Khusus 8, Mohamad Kadri. Foto: RES

Pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), Ganjar Pranowo dan Moch Mahfud MD membentuk tim perumus atau think tank Tim Khusus 8 untuk menghasilkan strategi kebijakan industri kreatif berdaya saing global. Tim tersebut terdiri dari berbagai latar belakang profesi seperti seniman, swasta dan praktisi hukum.

Mohamad Kadri menjadi salah satu anggota Tim Khusus 8 yang memiliki latar belakang profesi hukum. Dia menceritakan bermula dari bergabung dalam satu grup whatssap dengan sejumlah koleganya dan berdiskusi memikirkan ekosistem musik dan industri kreatif. Dalam grup whatssap tersebut membahas banyak solusi ekosistem industri kreatif.

“Termasuk tata kelola, royalti, perizinan konser hingga tidak terorganisirnya musisi-musisi yang bergerak internasional,” ujarnya kepada Hukumonline, Jumat (3/11/2023).

Dia menjelaskan di antara tiga pasang capres-cawapres, Ganjar-Mahfud merupakan pasangan calon yang memberi respons positif atas gagasan yang ditawarkan Tim Khusus 8. Selain itu, gagasan pengembangan industri kreatif nasional ini bertepatan dengan momentum Pemilu dan diharapkan dapat diimplementasikan pemerintahan baru.

Baca juga:

Menurutnya,  Ganjar merespons positif gagasan yang disodorkan Tim Khusus 8. Kadri emoh artis dijadikan objek semata dalam ajang pemilihan pemilu presiden (Pilpres). Singkat cerita, Tim Khusus 8 membuat kajian untuk disusun rancangan yang strategis dan diselaraskan dengan visi-misi Ganjar.

“Intinya, industri kreatif ini pemerintah harus involve, terlibat aktif, merancang, bekerja sama dengan seniman dan swasta untuk buat produk andalan seperti apa,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait