FH Universitas Brawijaya Berstandar Internasional AQAS, Ini Isi Mata Kuliah Wajibnya
Terbaru

FH Universitas Brawijaya Berstandar Internasional AQAS, Ini Isi Mata Kuliah Wajibnya

Ada beban studi 118 SKS untuk kuliah wajib di FH UB termasuk tugas akhir. Tersebar dalam lebih dari 41 Mata Kuliah.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Foto: www.fh.ub.ac.id
Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Foto: www.fh.ub.ac.id

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) belum lama ini meraih akreditasi internasional dari Agentur zur Qualitätssicherung an Hochschulen mit Sitz in Köln (AQAS). Akreditasi ini menempatkan proses pendidikan di FH UB setara dengan standar di Eropa. Lalu, seperti apa isi mata kuliah wajib yang disajikan di FH UB?

AQAS sendiri adalah lembaga nonprofit independen anggota European Association for Quality Assurance in Higher Education (ENQA). AQAS berwenang menilai apakah suatu lembaga pendidikan tinggi memiliki kualitas sesuai standar European Higher Education Area (EHEA).

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Hubungan Ilmu Negara dengan Ilmu Hukum

“Lulus sarjana hukum di FH UB minimal harus menyelesaikan 144 SKS,” kata Milda Istiqomah, Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Hukum kepada Hukumonline. Beban studi itu terbagi pada 8 SKS Mata Kuliah Umum, 14 SKS Mata Kuliah Muatan Universitas, 90 SKS Mata Kuliah Wajib Program Studi, 18 SKS Mata Kuliah Pilihan Reguler, 4 SKS Mata Kuliah Pilihan Kemahiran, dan 10 SKS Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi.

Perlu dicatat 18 SKS Mata Kuliah Pilihan Reguler, 4 SKS Mata Kuliah Pilihan Kemahiran, dan 10 SKS Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi pada dasarnya harus diambil. Buku Pedoman Pendidikan dan Penulisan Program Studi Sarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menyebut tiga kategori itu sebagai rincian dari Mata Kuliah Pilihan Program Studi.

Baca Juga:

Namun, ada jalur pendidikan lain yang memungkinkan bobot SKS pada tiga kategori Mata Kuliah Pilihan Program Studi itu digantikan dengan kegiatan di luar FH UB. Kegiatan itu antara lain penelitian, magang, atau pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Jika menempuh jalur pendidikan reguler, maka bobot tiga kategori itu wajib dipenuhi dengan mengikuti daftar mata kuliah pilihan yang disediakan FH UB.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait