FHUI Kembali Raih Peringkat Pertama PTN Pencetak Partner Law Firm Terkemuka
Top Indonesian Law Schools 2023

FHUI Kembali Raih Peringkat Pertama PTN Pencetak Partner Law Firm Terkemuka

Ada 4 perguruan tinggi dalam ketegori PTN Hukum Terbaik Nasional 2023 sebagai pencetak Partner kantor hukum terkemuka di Indonesia yang masih diduduki oleh perguruan tinggi yang sama dengan ajang Top Indonesian Law Schools 2022. Diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada yang menempati urutan pertama, kedua, dan ketiga.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
FHUI Kembali Raih Peringkat Pertama PTN Pencetak Partner Law Firm Terkemuka
Hukumonline

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi salah satu kategori jenis perguruan tinggi yang dikaji dalam pemeringkatan Top Indonesian Law Schools 2023 selain Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah menghasilkan alumni yang berprofesi sebagai Partner pada kantor hukum ternama di Indonesia.  

Seperti tahun sebelumnya, jumlah PTN lebih sedikit bila dibandingkan dengan PTS. Berdasarkan informasi yang terindentifikasi melalui data partner kantor hukum yang berpartisipasi dalam Top 100 Indonesian Law Firms 2023, tercatat adanya 28 PTN yang masuk dalam deretan pemeringkatan dengan total 80 perguruan tinggi.   

“Hasil ini mengalami peningkatan bila dibadingkan tahun 2022 yang menunjukan angka sebanyak 19 perguruan tinggi negeri. Hal ini disebabkan ada beberapa PTN yang belum ditemukan dalam laporan tahun 2022. Tapi, perihal jumlah alumni PTN mempunyai angka dominan,” ujar Research & Awards Manager Hukumonline Katon Baskoro, Selasa (21/8/2023) lalu.

Seperti diketahui, dari 28 PTN yang masuk daftar pemeringkatan atau berkisar 33,75% dari total 80 perguruan tinggi. Namun, dari sisi jumlah alumni PTN secara keseluruhan data mencapai 812 Partner di kantor hukum ternama di Indonesia atau mencapai 62,07%.  

Baca Juga:

“Hasil penelitian ini menekankan bahwa angka statistik tidak merepresentasikan kualitas perguruan tinggi pada aspek keilmuan tertentu (ilmu hukum), tetapi lebih memberikan gambaran umum mengenai distribusi angka perguruan tinggi di Indonesia yang menghasilkan advokat, khususnya partner pada kantor hukum ternama di Indonesia.”

Laporan Top Indonesian Law Schools Ranking 2023 menjadi hasil analisis yang dilakukan terhadap data statistik jumlah alumni perguruan tinggi dalam negeri yang berpraktik sebagai Partner di 210 kantor hukum ternama di Indonesia. 210 kantor hukum yang dimaksud merupakan partisipan dalam ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2023, sebuah pemeringkatan kantor hukum dalam negeri yang diselenggarakan oleh Hukumonline pada awal tahun 2023.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait