16 Peminatan dalam Jurusan Ilmu Hukum, Mahasiswa Wajib Tahu!
Terbaru

16 Peminatan dalam Jurusan Ilmu Hukum, Mahasiswa Wajib Tahu!

Ingin masuk jurusan ilmu hukum? Yuk, kenali dulu 16 konsentrasi atau peminatannya berikut ini!

Tim Hukumonline
Bacaan 6 Menit
Ilustrasi jurusan kuliah ilmu hukum. Foto: pexels.com
Ilustrasi jurusan kuliah ilmu hukum. Foto: pexels.com

Hendak berkuliah di jurusan ilmu hukum? Perlu diketahui bahwa ada beberapa peminatan atau konsentrasi yang dapat dipilih mahasiswa jurusan ilmu hukum. Dalam perkuliahan, peminatan ini diperlukan untuk menentukan mata kuliah serta penelitian dan skripsi yang akan ditulis. Tidak hanya itu, nantinya peminatan pilihan juga dapat menegaskan ketertarikan lulusan hukum terhadap bidang hukum tertentu. Hal ini berkaitan dengan karier lulusan hukum yang hendak dipilih.

Umumnya, setiap kampus atau universitas memiliki jumlah peminatan jurusan ilmu hukum yang berbeda-beda. Namun, sebagai gambaran, sebagaimana dikutip dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, ada 16 peminatan jurusan ilmu hukum yang dapat dipilih.

Baca juga:

  1. Peminatan Hukum Perdata

Peminatan hukum perdata merupakan salah satu konsentrasi yang banyak dipilih mahasiswa hukum. Peminatan ini memfokuskan pada hukum perdata. Adapun yang dimaksud hukum perdata menurut Subekti adalah semua hukum privat materiil, yaitu segala hukum pokok yang mengatur kepentingan-kepentingan perseorangan.

Dalam perkuliahan, topik atau mata kuliah yang diampu meliputi hukum orang dan keluarga perdata, hukum kewarisan perdata perbuatan melawan hukum, perbandingan hukum perdata, hukum kontrak kontemporer, dan hukum jaminan atas benda bergerak.

  1. Peminatan Hukum Ekonomi

Peminatan hukum ini memfokuskan pembahasan pada hukum ekonomi atau hukum bisnis (hukum dagang). Dalam perkuliahan, topik atau mata kuliah yang diampu meliputi hukum organisasi perusahaan, hukum perbankan, hukum investasi dan pasar modal, hukum surat berharga, arbitrase, hukum asuransi, analisa ekonomi terhadap hukum, aspek-aspek hukum dalam transaksi keuangan, akuntansi untuk ahli hukum, hukum persaingan usaha, hukum kepailitan, hukum perdagangan internasional, hukum koperasi, hukum pengangkutan, hukum perlindungan konsumen, hukum jual beli perusahaan, hukum kesehatan, serta penulisan hukum, pendapat hukum, dan keterampilan hukum. 

  1. Peminatan Hukum Islam

Peminatan hukum ini memfokuskan pembahasan pada hukum Islam, terutama implementasi hukum Islam dalam peraturan perundang-undangan dan ke dalam masyarakat secara luas. Dalam perkuliahan, topik atau mata kuliah yang diampu meliputi hukum kekeluargaan dan kewarisan Islam, hukum ekonomi Islam, hukum pidana Islam, kapita selekta hukum Islam, hukum perikatan Islam, dan hukum zakat dan wakaf.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait