Terbaru

Mau Kuliah Hukum Bisnis dan Investasi? Cek Kurikulum Wajib FH Maranatha

Beban studi yang harus dituntaskan mahasiswa FH Maranatha minimal sejumlah 144 SKS. Jumlah itu terdiri dari 10 SKS Mata Kuliah Umum, 124 SKS Mata Kuliah Wajib Program Studi, dan 10 SKS Mata Kuliah Pilihan.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Universitas Kristen Maranatha. Foto: Istimewa
Universitas Kristen Maranatha. Foto: Istimewa

Fakultas Hukum Universitas Kristen Maranatha (FH Maranatha) didirikan pada 23 Juni 2009 di Bandung, Jawa Barat sebagai bagian dari Universitas Kristen Maranatha. Visi FH Maranatha antara lain berperan dalam menumbuhkan tatanan hukum berkeadilan dan manusiawi berdasarkan kasih dan keteladanan Yesus Kristus.

Salah satu misi besarnya adalah menjadi kampus hukum dengan fokus hukum bisnis dan investasi. Sampai saat ini ada tiga pilihan bentuk penulisan hukum sebagai tugas akhir untuk mahasiswa FH Maranatha yaitu legal memorandum, studi kasus, atau skripsi. Pilihan lain yang baru akan diterapkan adalah menerbitkan artikel di jurnal ilmiah bereputasi dengan kategori SINTA.

“Kami mengarahkan semua mahasiswa pada konsentrasi bisnis dan investasi, namun dalam menulis tugas akhir tidak menutup kemungkinan pada yang lain (menulis artikel di jurnal ilmiah, red),” kata Demson Tiopan, Ketua Program Studi Sarjana FH Maranatha kepada Hukumonline.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini: 17 Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dan Penjelasannya

“Setiap mata kuliah pilihan FH Maranatha pun berkaitan dengan bisnis,” kata Demson melanjutkan. Beban studi yang harus dituntaskan mahasiswa FH Maranatha minimal sejumlah 144 SKS. Jumlah itu terdiri dari 10 SKS Mata Kuliah Umum, 124 SKS Mata Kuliah Wajib Program Studi, dan 10 SKS Mata Kuliah Pilihan.

FH Maranatha menyajikan juga Mata Kuliah Pilihan dari fakultas lain yang dianggap berkaitan dengan bisnis dan investasi. Mahasiswa mulai bisa mengambil Mata Kuliah Pilihan di semester empat. 

Baca Juga:

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait