Menguasai Keterampilan Mediator yang Kompeten Demi Tercapainya Kesepakatan Mediasi
Info Hukumonline

Menguasai Keterampilan Mediator yang Kompeten Demi Tercapainya Kesepakatan Mediasi

Webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman mengenai mediasi. Diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang mediasi sebagai alat yang efektif untuk mencapai penyelesaian sengketa.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Menguasai Keterampilan Mediator yang Kompeten Demi Tercapainya Kesepakatan Mediasi
Hukumonline

Mediasi merupakan pendekatan yang sangat efektif dalam menyelesaikan sengketa. Dalam mediasi, mediator yang netral berperan sebagai fasilitator untuk membantu pihak-pihak yang berselisih mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan bagi semua yang terlibat dalam sengketa.

Mediator bekerja secara objektif dan tidak berpihak kepada salah satu pihak, sehingga dapat dengan adil mendengarkan dan memahami perspektif masing-masing. Perannya adalah menciptakan lingkungan yang aman dan terbuka untuk memfasilitasi komunikasi yang efektif antara para pihak. Mediator berfungsi untuk mengelola komunikasi, memfasilitasi dialog, dan mendorong kerja sama di antara para pihak. Tujuan utama mediasi adalah mencapai penyelesaian yang adil, berkelanjutan, dan memuaskan bagi semua yang terlibat.

Untuk menguasai teknik mediasi yang efektif, diperlukan pemahaman lebih dalam mengenai prinsip dasarnya, termasuk netralitas mediator, sukarela, dan kerahasiaan proses. Selain itu, teknik-teknik penting seperti keterampilan mendengarkan aktif, penggunaan pertanyaan terbuka, dan pencarian kepentingan mendasar dari setiap pihak, serta identifikasi opsi solusi akan diajarkan. Mediator juga akan membantu pihak-pihak mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Berangkat dari kebutuhan pemahaman mengenai mediasi, Hukumonline bermaksud menyelenggarakan: Webinar Hukumonline 2023 bertema “Mediasi sebagai Pendekatan Efektif Penyelesaian Sengketa: Menguasai Keterampilan Mediasi” yang diadakan pada Kamis, 24 Agustus 2023 melalui Platform Zoom Webinar.

Materi dalam webinar ini akan membahas mengenai tahapan mediasi yang mencakup pengantar dan penjelasan peran mediator, sesi pengungkapan pandangan, identifikasi masalah inti, perundingan untuk mencari solusi, hingga mencapai kesepakatan. Bagaimana seorang mediator harus memiliki keterampilan mendengarkan aktif, empati, dan strategi perundingan yang efektif. Selain itu, membahas mengenai analisis konflik dan pengikatan pada kode etik mediator.

Kami membuka pendaftaran Webinar ini bagi yang berminat. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tempat terbatas, first come first served! Jika Anda tertarik, silakan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Hukumonline.com

Dalam Webinar ini akan hadir pembicara kompeten dari Pusat Mediasi Nasional (PMN), yaitu Fahmi Shahab selaku Executive Director dari Pusat Mediasi Nasional (PMN) yang merupakan mediator untuk sengketa yang berada di pengadilan maupun di luar pengadilan, khususnya dalam kasus perdagangan, perbankan, layanan, dan sengketa keluarga. Serta, telah menjadi instruktur utama dalam pelatihan mediasi bersertifikat bersama PMN.

Sebagaimana diketahui, dalam lingkup mediasi, mediator juga bertindak sebagai katalisator untuk mendorong kerjasama dan mencari solusi yang kreatif dan inovatif. Mereka dapat membantu pihak-pihak untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang, mengidentifikasi opsi-opsi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, dan membantu mencapai kompromi yang saling menguntungkan.

Penerapan mediasi sebagai pendekatan penyelesaian sengketa memiliki manfaat yang signifikan, tetapi juga menimbulkan tantangan. Memahami manfaat dan tantangan ini akan membantu para pihak dalam memilih dan mengimplementasikan mediasi secara tepat dan akurat.

Tags:

Berita Terkait