Perlu Tancap Gas Proses RUU Perampasan Aset Tindak Pidana
Terbaru

Perlu Tancap Gas Proses RUU Perampasan Aset Tindak Pidana

Pembahasan RUU Perampasan Aset Tindak Pidana harus melibatkan partisipasi publik bermakna sebagaimana mandat pertimbangan putusan MK.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Peneliti Themis Indonesia, Ibnu Syamsu (tengah), peneliti ICW Lalola Easter, dan peneliti Auriga Nusantara, Fauziah dalam diskusi bertema RUU Perampasan Aset Jalan Di Tempat: Ada Apa di Balik Sikap DPR, Rabu (09/08/2023) kemarin. Foto: Tangkapan layar youtube
Peneliti Themis Indonesia, Ibnu Syamsu (tengah), peneliti ICW Lalola Easter, dan peneliti Auriga Nusantara, Fauziah dalam diskusi bertema RUU Perampasan Aset Jalan Di Tempat: Ada Apa di Balik Sikap DPR, Rabu (09/08/2023) kemarin. Foto: Tangkapan layar youtube

Nasib pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset Tindak Pidana mandeg di DPR. Kendati pemerintah sudah menyodorkan Surat Presiden (Surpres) ke meja pimpinan DPR awal Mei lalu, tapi tak ada pergerakan soal kapan bakal dimulai pembahasan bersama pemerintah. Padahal, keberadaan payung hukum peprampasan aset tindak pidana penting dalam mendukung penanganan kejahatan yang terorganisir seperti korupsi.

Peneliti Themis Indonesia, Ibnu Syamsu mengatakan DPR dan pemerintah perlu segera membahas RUU Perampasan Aset Tindak Pidana dengan melibatkan masyarakat. Pertimbangan putusan MK No.91.PUU-XVIII/2020 menegaskan pentingnya partisipasi publik yang bermakna dalam membuat kebijakan. Dari berbagai substansi yang tercantum dalam RUU Perampasan Aset Tindak Pidana salah satu yang perlu mendapat perhatian terkait pengelolaan hasil perampasan aset apakah dikelola kejaksaan atau kementerian keuangan.

“Rumusan pengelolaan hasil perampasan aset ini harus tepat sehingga pelaksanaaannya bisa efektif,” kata Ibnu dalam diskusi bertema ‘RUU Perampasan Aset Jalan Di Tempat: Ada Apa di Balik Sikap DPR’, Rabu (09/08/2023) kemarin.

Baca juga:

Menurutnya, RUU perlu memastikan ada pengaturan anggaran yang jelas untuk pengelolaan hasil perampasan aset baik itu untuk aset bergerak dan tidak bergerak. Jika pengelolaan itu tidak dilakukan dengan baik aset tersebut berpotensi rusak sehingga menurunkan nilai ekonominya. Pembahasan RUU Perampasan Aset Tindak Pidana harus dibahas secara optimal dengan melibatkan partisipasi publik bermakna. Jangan sampai ketika terbit pelaksanaan UU Perampasan Aset Tindak Pidana malah tidak efektif.

“RUU Perampasan Aset Tindak Pidana ditunggu publik, DPR dan Pemerintah harus segera membahas. Semakin lama pembahasan, kepercayaan publik kepada DPR dan pemerintah semakin hilang,” ujar Ibnu.

Sementara Peneliti Auriga Nusantara, Fauziah berharap ada progres pembahasan RUU Perampasan Aset Tindak Pidana. Pembahasan itu harus dilakukan secara baik sehingga ketentuan dalam rancangan beleid itu nantinya dapat dijalankan aparat penegak hukum. Tercatat hampir setiap tahun RUU Perampasan Aset Tindak Pidana masuk prolegnas prioritas, tapi sampai sekarang pembahasannya tak tuntas. Beberapa substansi RUU Perampasan Aset Tindak Pidana yang kerap berubah tiap tahun antara lain mekanisme dan definisi perampasan aset.

Tags:

Berita Terkait