Prof Yusril Ingatkan Pemerintah Antisipasi Terjadinya Hukum Tata Negara Darurat
Terbaru

Prof Yusril Ingatkan Pemerintah Antisipasi Terjadinya Hukum Tata Negara Darurat

Soal kedaruratan, UUD NRI Tahun 1945 saat ini hanya mengatur kevakuman norma hukum melalui Perppu, belum mengatur terjadinya hukum tata negara darurat.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Pakar Hukum Tata Negara Prof Yusril Ihza Mahendra saat memberi kuliah umum di FHUI, Jumat (5/5/2023). Foto: RES
Pakar Hukum Tata Negara Prof Yusril Ihza Mahendra saat memberi kuliah umum di FHUI, Jumat (5/5/2023). Foto: RES

Tidak mudah bagi sebuah negara yang baru merdeka untuk mempertahankan kemerdekaannya. Ada banyak tantangan yang dihadapi di dalam maupun dari luar negeri. Tak lama setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan 17 Agustus 1945, kolonial Belanda ingin kembali menjajah Indonesia. Sebagai negara yang baru terbentuk, Indonesia belum siap menghadapi serangan Belanda dibantu tentara sekutu. Dalam peristiwa yang dikenal dengan istilah Agresi Militer II itu pusat pemerintahan Indonesia yang berpusat di Yogyakarta ditaklukan. Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta serta sebagian besar kabinet ditawan Belanda.

Indonesia tak kehabisan akal untuk mempertahankan kemerdekaan, kendati Belanda melancarkan serangan dengan kemampuan militer yang mumpuni. Dalam peristiwa genting itu, Soekarno menginstruksikan pembentukan pemerintahan darurat di Sumatera Barat yang kemudian disebut Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Perintah Soekarno membentuk PDRI tertuang dalam mandat yang diteken Presiden Sooekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta di Yogyakarta tertanggal 19 Desember 1948. Mandat pembentukan PDRI itu dikirim melalui surat kawat kepada Menteri Kemakmuran Rakyat Syafruddin Prawiranegara di Bukittinggi, Sumatera Utara.

Intinya, Syafruddin diminta membentuk PDRI. Pakar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia Prof Yusril Ihza Mahendra mengatakan ketika itu Indonesia berada dalam kondisi hukum tata negara darurat, di mana pemerintahan tidak dapat berjalan karena pimpinannya ditawan. Kemudian memberikan mandat kepada Syarifuddin untuk menjalankan pemerintahan darurat.

“Hukum tata negara dalam keadaan darurat bukan soal terbitnya Perppu karena ketiadaan norma hukum pidana, misalnya menghadapi terorisme (ketika terjadi Bom Bali 2004, red), tapi melihat kondisi tata negara,” kata Prof Yusril saat memberikan kuliah umum bertema "Hukum Tata Negara Dalam Keadaan Darurat: Kasus Terbentuknya Pemerintah Darurat RI di Buktinggi (1948-1949)" di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), Jum'at (5/5/2023).

Baca Juga:

Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Islam As-Syafi’iyah itu lebih jauh menerangkan konstitusi tidak mengatur pemberian mandat dari Presiden untuk membentuk pemerintahan darurat. Konstitusi hanya mengatur keadaan darurat dalam konteks pemerintah bertanggung jawab mengatasi keadaan darurat, tapi untuk mengatasi hal itu tidak punya perangkat dan norma hukum. Dengan begitu, pemerintah berhak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait