Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurus IKA FH Unpad Periode 2024-2027
Terbaru

Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurus IKA FH Unpad Periode 2024-2027

Pemilihan kepengurusan dilakukan setelah melewati konsolidasi dan diskusi dengan stakeholder IKA FH Unpad yang dinilai dari empat elemen.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Pengurus IKA FH Unpad periode 2024-2027 telah resmi dilantik pada, Sabtu (3/2) lalu di Auditorium Mochtar Kusumaatmadja kampus Unpad Dipatiukur, Bandung. Foto: Istimewa
Pengurus IKA FH Unpad periode 2024-2027 telah resmi dilantik pada, Sabtu (3/2) lalu di Auditorium Mochtar Kusumaatmadja kampus Unpad Dipatiukur, Bandung. Foto: Istimewa

Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (IKA FH Unpad) periode 2024-2027 telah resmi dilantik pada, Sabtu (3/2) lalu di Auditorium Mochtar Kusumaatmadja kampus Unpad Dipatiukur, Bandung. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Ketua dan Sekretaris Umum IKA FH Unpad terpilih adalah Agus Imanuddin dan Chairul Saleh. Melalui seremonial pelantikan, keduanya beserta jajaran kepengurusan baru IKA FH Unpad periode 2024-2027 langsung dilantik oleh Irawati Hermawan selaku Ketua IKA Unpad.

“Pada 3 Februari lalu kami beserta pengurus IKA FH Unpad periode 2024-2027 telah dilantik oleh ketua IKA Unpad di kampus Dipatiukur. Pelantikan kemarin diikuti oleh sebagian pengurus dari IKA FH Unpad periode 2024-2027 yang terdiri dari dewan pembina, dewan penasehat, dewan pakar, dan pengurus IKA FH Unpad yang termasuk didalamnya ketua umum dan sekretaris umum,’’ ujar Agus Imanudin saat dihubungi Hukumonline, Jum’at (9/2).

Sebelum menetapkan nama-nama yang akan menjadi pengurus, sebelumnya telah dilakukan konsolidasi dan diskusi dengan stakeholder IKA FH Unpad berupa kapasitas masing-masing alumni, ketertarikan di bidang yang ada, dan wakil dari segmen-segmen alumni. Pria yang akrab disapa Kang Gusar ini mengatakan terdapat empat elemen pertimbangan dalam pemilihan struktur kepengurusan IKA FH Unpad periode 2024-2027.

Baca juga:

“Ada empat elemen pertimbangan dalam memilih nama-nama kepengurusan periode ini, yaitu pertama dari profesional dari perwakilan lawyer termasuk yang berkarir di BUMN dan BUMD. Kedua kategori abdi negara yang terdiri dari ASN, kemudian dari Aparat Penegak Hukum yang bekerja di Kejaksaan, Kepolisian dan Kehakiman, serta ada juga dari alumni yang berkarier sebagai entrepreneur baik yang berusaha atau wiraswasta,’’ jelas Gusar.

Hukumonline.com

Gusar mengaku seluruh segmen profesi dan angkatan mewakili keseluruhan kepengurusan serta menitikberatkan kepakaran masing-masing alumni. “Dari dewan penasihat tidak melihat usia, tapi wakil dari segmen-segmen tadi dari profesional, APH, ASN maupun wiraswasta. Kita tidak melihat angkatan atau usia tapi tergantung dari kepakaran. Adapun untuk pengurus dari ketua sampai bidang itu keterwakilannya lebih banyak angkatan 1991, angkatan 2000 an sampai angkatan 2019,’’ kata dia.

Akan mengemban amanah hingga lima tahun mendatang, Gusar berharap seluruh anggota pengurus dapat berkontribusi pada bidangnya masing-masing dan dapat menjalankan tata kelola yang menjadi visi misi IKA FH Unpad.

“Harapannya tentu masing-masing pengurus bisa berkontribusi secara lebih merata serta dapat bekerja dengan tata kelola yang sudah ditentukan. Bagaimanapun IKA FH Unpad sebagai paguyuban akan berjalan dengan efektif selama tumbuh kesadaran dan pemerataan peran,’’ harapnya.

Jauh sebelum pelantikan dilaksanakan, telah terjalin berbagai kegiatan yang dilakukan IKA FH Unpad. Di antara kegiatan tersebut adalah pelaksanaan legal outlook, melakukan kerjasama dengan salah satu startup e-commerce terkait wirausaha, serta mengadakan kegiatan jalan sehat.

Dalam waktu dekat, Gusar mengatakan akan mengkonsolidasikan dan merampungkan optimalisasi database alumni yang akan segera di-launching pada bulan Maret atau April mendatang. Kemudian, tidak hanya itu akan banyak kegiatan terkait bulan Ramadhan, olahraga, seni budaya, dan kegiatan mentorship dan pelatihan-pelatihan dalam waktu dekat.

Tags:

Berita Terkait