STIH IBLAM Miliki Keunikan Pergaulan Mahasiswanya
STIH IBLAM Miliki Keunikan Pergaulan Mahasiswanya
Law School Stories

STIH IBLAM Miliki Keunikan Pergaulan Mahasiswanya

Pergaulan antar mahasiswa di STIH IBLAM tergolong unik karena mahasiswa yang berasal dari fresh graduate SMA bisa berinteraksi dengan mahasiswa dari kalangan pekerja, sehingga mereka bisa saling bertukar pengalaman.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
STIH IBLAM Miliki Keunikan Pergaulan Mahasiswanya
Hukumonline

Materi yang biasanya sering diajarkan dalam perkuliahan di fakultas hukum yakni berkaitan dengan beragam teori. Calon sarjana hukum harus memiliki pemahaman yang baik terhadap teori hukum. Tapi hal penting lainnya yang diperlukan oleh sarjana hukum tak sekedar teori, tapi juga harus mengerti praktik. Hal itu yang menjadi fokus perhatian Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Institute of Business Law and Management (IBLAM). STIH IBLAM berada di bawah naungan Yayasan LPIHM IBLAM.

Mengutip laman iblam.ac.id, kampus yang dirintis sejak tahun 1990 itu bertujuan meningkatkan mutu, kemahiran tenaga kerja di bidang hukum serta menyiapkan tenaga-tenaga yang profesional. Lembaga tersebut didirikan atas dasar sebuah kesadaran bahwa pengetahuan di bidang hukum baik di masa kini maupun di masa yang akan datang perlu dikuasai terutama untuk para pelaku bisnis, birokrat, dan praktisi dalam menghadapi dan memenangkan kompetisi global.

Baca Juga:

Ketua STIH IBLAM, Gunawan Nachrawi, menjelaskan yang membuat STIH IBLAM menarik bagi calon mahasiswa antara lain kurikulum yang digunakan tidak hanya mengandalkan teori, tapi juga praktik. Dosen yang mengajar juga berasal dari kalangan akademisi dan praktisi. “Hal ini yang membuat STIH IBLAM menarik bagi calon mahasiswa hukum,” kata Gunawan Nachrawi saat berbincang dengan Hukumonline di ruang kerjanya, Jum’at (28/10/2022).

Selengkapnya, simak tautan video berikut ini!

Bagi Gunawan, lulus sarjana hukum dalam waktu 3,5 tahun bukan hal baru karena sudah diatur sejak lama oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Apalagi kampus yang menjalankan sistem SKS murni masa studinya bisa ditempuh kurang dari 3,5 tahun. Kurikulum yang digunakan STIH IBLAM dirancang untuk mendorong mahasiswa tak hanya paham teori saja, tapi juga praktiknya.

Selain menerbitkan ijazah bagi setiap mahasiswa yang lulus, Gunawan menyebut lembaganya juga memberikan surat keterangan pendamping ijazah. Surat keterangan itu merupakan hasil dari kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa misalnya mengikuti seminar, kuliah umum, dan lainnya. Setiap sertifikat yang diperoleh dari kegiatan itu menjadi bukti untuk kemudian dicatat dan dikonversi menjadi poin. Mahasiswa wajib mengumpulkan besaran poin yang telah ditentukan untuk dapat lulus kuliah.

“Kurikulum dirancang memberi pengetahuan teori dan praktik kepada calon sarjana. Kurikulum kita dirancang untuk memberi pengetahuan kepada calon sarjana agar ketika lulus mereka tidak hanya paham teori saja tapi praktik,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait