Kewajiban Mengenakan Toga dalam Sidang Pengadilan

Bacaan 6 Menit
Kewajiban Mengenakan Toga dalam Sidang Pengadilan
Pertanyaan

1) Apa dasar hukumnya persidangan hukum acara perdata dan hukum acara pidana, sewaktu sidang hukum acara pidana hakim, jaksa, penasihat hukum semua memakai toga. Sedangkan dalam hukum acara perdata, hakim saja yang memakai toga, sedangkan antara tergugat dengan penggugat hanya memakai pakaian formil (sopan) saja? 2) Dalam hukum acara apa saja wajib pakai toga, bagaimana dalam hukum acara di pengadilan agama, PTUN, dan PHI? Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Kewajiban hakim untuk memakai toga berlaku untuk setiap persidangan dalam lingkup pengadilan apapun telah diatur dalam Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 6 Tahun 1966 tentang Pemakaian Toga Dalam Sidang (?SEMA 6/1966?).
?
Sedangkan kewajiban bagi jaksa penuntut umum untuk memakai toga, hanya diberlakukan dalam sidang perkara pidana. Bagi advokat, kewajiban memakai toga diberlakukan dalam sidang perkara pidana dan juga sidang Mahkamah Konstitusi. Namun, kewajiban hakim, penuntut umum, dan advokat untuk memakai toga dalam sidang perkara pidana dikecualikan dalam sidang perkara tindak pidana anak.
?
Apakah dasar hukumnya? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak ulasan di bawah ini.
?