Anak Luar Kawin, Bolehkah Dimasukkan ke KK?

Bacaan 8 Menit
Anak Luar Kawin, Bolehkah Dimasukkan ke KK?
Pertanyaan
Bulan depan saya akan melahirkan seorang anak di mana saya dengan bapak biologis anak yang saya kandung tidak menikah. Dikarenakan saya belum bercerai dengan suami saya saat ini karena suami saya tidak ingin bercerai dengan saya. Dan pada akhirnya saya memutuskan tidak menikah dengan ayah biologis anak yang saya kandung saat ini. Yang ingin saya tanyakan, saat anak ini lahir, bolehkah namanya saya masukkan ke dalam kartu keluarga saya dengan suami saya saat ini? Karena suami saya bersikeras ingin merawat anak ini. Bagaimana status dan kedudukan anak saya ini?
Intisari Jawaban
Secara hukum, anak yang Anda kandung saat ini merupakan anak tidak sah, karena bukan anak sebagai akibat perkawinan yang sah.
 
Secara prosedural, Anda dapat saja memasukkan anak tersebut ke dalam Kartu Keluarga Anda dan suami. Akan tetapi sebelum mengambil langkah tersebut, terdapat beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan dengan matang.
 
Anak tersebut dapat dibuktikan memiliki hubungan darah dan hubungan perdata dengan ayah biologisnya berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau alat bukti lain menurut hukum.
 
Terhadap suami Anda pun, anak tersebut dapat memiliki hubungan nasab selama suami Anda tidak mengingkari anak tersebut.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.