Jumat, 06 September 2019

Advokat Menjamin Kemenangan Perkara dengan 'Bayaran' Hubungan Intim

Advokat Menjamin Kemenangan Perkara dengan 'Bayaran' Hubungan Intim

Pertanyaan

Teman saya sudah bercerai melalui sidang perceraian, tanpa putusan mengenai hak asuh anak yang sejak awal memang tidak dimasukkan di dalam gugatan. Kedua belah pihak (teman saya dan mantan suaminya beserta kuasa hukumnya) sudah membuat surat perjanjian bahwa anak diasuh ibu (teman saya). Akan tetapi justru sekarang suami meminta hak asuh anak, disertai pengancaman. Karena teman saya dari keluarga kurang mampu, dia merasa khawatir dengan ancaman mantan suaminya tersebut (mantan suami mengancam akan menggugat hak asuh anak, dan kalau menang ibu anak tidak diperbolehkan ketemu). Karena takut teman saya mencari jasa pendampingan hukum ke sebuah LBH dan berkenalan dengan salah satu advokat. Advokat tersebut justru seperti memanfaatkan situasi. Ia mendekati teman saya dan sampai mengajak hubungan intim di luar pernikahan. Karena teman saya merasa tidak bisa membayar pengacara dan karena beberapa pernyataan si advokat dan menjamin bahwa dia bisa memenangkan hak asuhnya, teman saya justru mau mengikuti permainan si advokat tersebut. Pertanyaan saya, apakah yang dilakukan si advokat tersebut sudah termasuk dalam pelanggaran kode etik advokat?

Intisari Jawaban

Sejak awal, pemberi bantuan hukum dilarang untuk menerima atau meminta pembayaran dari penerima bantuan hukum dan/atau pihak lain yang terkait dengan perkara yang sedang ditangani pemberi bantuan hukum. Dengan demikian, seorang penerima bantuan hukum tidak perlu mengkhawatirkan masalah biaya. Adapun hubungan intim yang dilakukan antara advokat dan kliennya tersebut, diiringi dengan janji memberikan kemenangan, bertentangan dengan Kode Etik Advokat.
 
Penjelasan selengkapnya silakan klik ulasan di bawah ini.

 

Lihat Ulasan Lengkap

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
MITRA : Bung Pokrol
Arasy Pradana A. Azis mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Brawijaya pada tahun 2015 dengan peminatan Hukum Tata Negara dan gelar Magister Hukum dari Universitas Indonesia pada tahun 2019 dengan peminatan Hukum dan Kehidupan Kenegaraan.
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua