Apakah Penamaan Gang Mempengaruhi Sertifikat Tanah?

Bacaan 8 Menit
Apakah Penamaan Gang Mempengaruhi Sertifikat Tanah?
Pertanyaan
Saya adalah ketua RW baru di suatu daerah di kota Bandung, kebetulan di daerah saya nomor rumah tidak ada dan gang tidak diberi nama, efeknya menyulitkan pencarian alamat, baik tukang ojol, kurir, atau pencari alamat lainnya. Saya selaku ketua RW berinisiatif untuk menamai gang dan melakukan nomorisasi rumah. Tapi pihak kelurahan menyampaikan harus hati-hati karena perubahan nama administrasi daerah bisa berpengaruh terhadap alamat administrasi di KTP, KK, STNK dan juga sertifikat tanah. Di antara semuanya, sertifikat tanah paling ribet, lama dan mahal. Mohon sarannya, apakah itu berpengaruh terhadap akta tanah? Karena kalau menjadi ribet saya akan hentikan program penamaan gang dan nomorisasi rumah. Terima kasih.
Intisari Jawaban
Pada dasarnya, penamaan gang dan nomorisasi rumah tidak memengaruhi keberlakuan dan keabsahan sertifikat hak atas tanah. Mengingat di dalam sertifikat hak atas tanah sudah dijelaskan secara spesifik lokasi tanah, batas-batas tanah, dan peta tanah.
 
Meski demikian, sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari, pemilik sertifikat tanah wajib mendaftarkan perubahan data ke Kantor Pertanahan setempat.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.