Pelaku UMK Gratis Urus Sertifikasi Halal, Ini Ketentuannya!

Bacaan 5 Menit
Pelaku UMK Gratis Urus Sertifikasi Halal, Ini Ketentuannya!
Pertanyaan

Dalam Pasal 4A ayat (1) UU JPH diatur bahwa "Untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, kewajiban bersertifikat halal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 didasarkan atas pernyataan pelaku usaha Mikro dan Kecil." Selanjutnya, dalam Pasal 12 PP 5/2021 diatur bahwa Nomor Induk Berusaha (“NIB”) yang merupakan legalitas perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku UMK yang melaksanakan kegiatan usaha dengan tingkat risiko rendah berlaku juga sebagai pernyataan jaminan halal. Apakah ini berarti pelaku UMK dikecualikan dari kewajiban mengurus sertifikat halal dan pemenuhan kewajiban sertifikat halal cukup dibuktikan dengan adanya pernyataan jaminan halal saja?

Intisari Jawaban

Secara hukum, pelaku Usaha Mikro dan Kecil (“UMK”) tetap wajib mengurus sertifikasi halal ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (“BPJPH”), yang mana kewajiban tersebut didasarkan pada pernyataan pelaku UMK.

Permohonan sertifikasi halal yang diajukan oleh pelaku UMK yang memenuhi kriteria tidak dikenai biaya. Apa saja kriteria yang harus dipenuhi? Lalu, bagaimana prosedur pengajuan sertifikasi halal bagi pelaku UMK?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.